Arti dua kalimat syahadat dan konsekuensinya


Syahadat itu Terbagi Dua

a. Syahadat Tauhid.

أَ شْـــهَــدُ اَنْ لاَ إِ لـــــهَ إِ لاَّ الـلّــــــــــــهُ

“Aku Mengakui (dengan Haqqul Yaqin) Bahwa tiada Tuhan Selain Allah”.

b. Syahadat Rasul.

وَ أَ شْــهَــدُ أَنَّ مُحَـــمَّـــدً ا رَّ سُــوْ لُ الـلّـــــــــهُ

“Aku Mengakui (dengan Haqqul Yakin) Bahwa Muhammad adalah utusan Allah”.

Makna La ilaha illallah
Makna syahadat la ilaha illallah adalah meyakini bahwa tidak ada yang berhak mendapatkan ibadah kecuali Allah, konsisten dengan pengakuan itu dan mengamalkannya. La ilaha menolak keberhakan untuk diibadahi pada diri selain Allah, siapapun orangnya. Sedangkan illallah merupakan penetapan bahwa yang berhak diibadahi hanyalah Allah. Sehingga makna kalimat ini adalah la ma’buda haqqun illallah atau tidak ada sesembahan yang benar selain Allah. Sehingga keliru apabila la ilaha illallah diartikan tidak ada sesembahan/tuhan selain Allah, karena ada yang kurang. Harus disertakan kata ‘yang benar’ Karena pada kenyataannya sesembahan selain Allah itu banyak. Dan kalau pemaknaan ‘tidak ada sesembahan selain Allah’ itu dibenarkan maka itu artinya semua peribadahan orang kepada apapun disebut beribadah kepada Allah, dan tentu saja ini adalah kebatilan yang sangat jelas.

Makna Muhammad Rasulullah
Sedangkan makna syahadat anna Muhammadar rasulullah adalah mengakui secara lahir dan batin bahwa beliau adalah hamba dan utusan-Nya yang ditujukan kepada segenap umat manusia dan harus disertai sikap tunduk melaksanakan syari’at beliau yaitu dengan membenarkan sabdanya, melaksanakan perintahnya, menjauhi larangannya dan beribadah kepada Allah hanya dengan tuntunannya.

Konsekuensi Syahadatain
Konsekuensi syahadat la ilaha illallah adalah meninggalkan segala bentuk peribadahan dan ketergantungan hati kepada selain Allah. Selain itu ia juga melahirkan sikap mencintai orang yang bertauhid dan membenci orang yang berbuat syirik. Sedangkan konsekuensi syahadat Muhammad Rasulullah adalah menaati Nabi, membenarkan sabdanya, meninggalkan larangannya, beramal dengan sunnahnya dan meninggalkan bid’ah, serta mendahulukan ucapannya di atas ucapan siapapun. Selain itu, ia juga melahirkan sikap mencintai orang-orang yang taat dan setia dengan sunnahnya dan membenci orang-orang yang durhaka dan menciptakan perkara-perkara baru dalam urusan agama yang tidak ada tuntunannya.

About Asyhar


7 responses to “Arti dua kalimat syahadat dan konsekuensinya

  • echy☺bawel (@echy_emocorner)

    salam , saya nak tanya sikit…
    macamana kalo agama lain ingin memasuki agama islam , tetapi dia hanya menghafal kalimat syahadat sahaja , apakah dia sudah memasuki islam atau bagaimana ?

  • vamps

    Saya kasih tahu, bahwa Rabb dan Illah itu beda. Rabb itu artinya Tuhan. Sedangkan Illah itu artinya Sesembahan. Maksudnya? Nih, simak kisah berikut ini baik-baik.

    Dulu, Rasulullah, menyatakan bahwa Tuhannya adalah Allah, kemudian beliau juga menaati segala ketentuan Allah. Namun, ada pula beberapa orang kafir, yang mengaku bahwa Tuhannya Allah. Tapi, mereka nggak mau menaati segala ketentuan Allah. Mereka ngomong Tuhannya Allah, tapi malah nyembah patung. Malah nyembah latta, uzza, manat, hubal, dan lain-lain. Mereka nyembah benda yang mereka buat sendiri? Dan otomatis pun mereka juga membuat aturan dan cara hidup sesuka diri mereka sendiri.

  • riky firdaus

    ass’maap sodaraku saya mau tanya sesungguhnya yg bersahadat sapa sih?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: