KEPUTUSAN


Apa sih yang kamu pikirin tentang keputusan? Apakah keputusan merupakan sesuatu yang sakral buat kamu? Mungkin jawaban untuk kedua pertanyaan tersebut akan berbeda – beda antara satu orang dengan yang lainnya. Orang bisa saja menganggap keputusan adalah suatu yang sakral karena setelah mengambil keputusan, orang tersebut menganggap bahwa itu merupakan tanggung jawab baginya. Hal ini akan memacu orang tersebut untuk selalu menjaga apa yang telah ia putuskan. Tapi mungkin saja ada orang yang tak peduli dengan suatu keputusan. Hal ini mungkin saja terjadi karena orang tersebut tak memiliki respek terhadap suatu keputusan, dia gak peduli yang penting dia enjoy.

Keputusan harus kita buat dengan sadar dan banyak pertimbangan. Hal ini akan membuat kita merasa bahwa keputusan itu adalah penting dan sakral. Kita harus mempertimbangkan berbagai aspek untuk membuat keputusan, baik itu masalah untung atau ruginya. Semua hal memang mempunyai keuntungan dan kerugian. Ini merupakan hal yang mutlak yang tidak dapat diganggu gugat. Akan tetapi, kita harus memilih yang paling efesien antara untung dan ruginya dengan memilih hal yang paling minimal kerugiannya tapi paling maksimal keuntungannya. Ini memang pekerjaan yang sulit bagi semua orang, tapi inilah hidup, hidup adalah sebuah pilihan.

Faktor – faktor dalam memilih itu banyak sekali. Faktor – faktor tersebut bisa datang dari siapa saja, bisa dari diri kita sendiri atau orang lain. Faktor dari ornag lain bisa saja datang dari orang tua, saudara, teman sejawat, teman yang lebih tua, teman yang lebih muda, dosen, ataupun dari orang yang belum kita kenal sekalipun. Faktor tersebut bisa saja berupa pendapat yang mereka berikan ataupun tindakan / perilaku mereka yang kita lihat sehari – hari. Memang tidak semua yang baik dan benar bagi mereka baik dan benar bagi kita, begitu pula sebaliknya. Kita harus pintar – pintar memilah dan memilih yang mana yang terbaik buat kita dari semua fakto yang ada. Kita juga tak boleh lupa untuk meminta petunjuk kepada yang di atas, karena semua urusan adalah keputusan-Nya. Semoga apa yang kita putuskan berguna bagi semua orang, terutama diri sendiri baik dimasa sekarang, masa lampau maupu masa depan.

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: