ALDEHID DAN KETON : Uji Reaksi Kimia


Uji 2,4-dinitrofenilhidrazin

Uji ini akan memperlihatkan adanya ikatan rangkap O dan C. Uji positif akan ditandai dengan larutan yang berwarna kuning, jingga atau merah dan terdapat endapan. Jika padatan yang terbentuk berukuran kecil maka larutan akan berwarna kuning, sedangkan jika padatan berukuran besar maka larutan akan berwarna mendekati merah. Baik pada aldehid maupun keton, uji ini akan menunjukkan hasil positif.

.

Uji Asam Kromat

Aldehid dapat dioksidasi oleh asam, sedangkan keton tidak dapat dioksidasi oleh asam. Ketika aldehid teroksidasi menjadi asam karboksilat, akan terjadi perubahan warna dari coklat menjadi hijau, karena kromat tereduksi menjadi Cr+3.

Uji Tollens

Uji ni akan menyebabkan terjadinya oksidasi pada senyawa yang diuji dengan adnya penambahan reagen Tollens yang ditandai dengan terbentuknya cermin perak pada dinding tabung reaksi. Uji ini akan menunjukkan hasil positif pada aldehid dan menunjukkan hasil negatif pada keton.

Uji Iodoform

Uji ini merupakan uji spesifik untuk menentukan keberadaan asetaldehid dan metil keton. Metil keton akan teoksidasi oleh iodida dalam larutan larutan hidroksida. Metil keton akan teroksidasi menjadi asam karboksilat; juga akan terbentuk endapan berwarna kuning yang menjadi indikasi uji yang positif. Asetaldehid juga akan menunjukkan hasil positif, karena memiliki kemiripan dalam struktur dengan metil keton.

About Asyhar


One response to “ALDEHID DAN KETON : Uji Reaksi Kimia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: