Akhir Semester 4


Mungkin ini adalah liburan semester yang paling pendek yang akan saya alami dari beberapa liburan semester sebelumnya. Rencananya saya cuma akan liburan dirumah kurang lebih seitar 2 minggu, padahal liburan sebenarnya masih lama, kurang lebih 3 bulan. Inilah konsekuensi yang harus saya ambil ketika saya memilih untuk ikut serta dalam beberapa kepanitiaan kegiatan himpunan. Mulai dari Fardes, kaderisasi, sampai Ismafarsi. Tapi itu bukanlah masalah bagi saya karena memang saya juga bingung kalo lagi libur, itung – itung mengisi waktu luang dengan belajar berorganisasi.

Setelah Ujian Agak Serius (UAS) selesai, hal pertama yang dilakukan adalah menjadi panitia kaderisasi. Awalnya emang saya serius mengikuti acara ini, tapi lama – lama bosan juga, alasannya sih sederhana Cuma maslah keseriusan panitia saja. Yang saya permasalahin bukanlah masalah mereka datang atau tidak dalam setiap acara, tapi ‘kelakuan’ mereka selama acara berlangsung. Sebagai pengkader saya pikir harus punya sikap, paling tidak selama kegiatan itu berlangsung. Akan tetapi kenyataan yang terjadi malah sebaliknya, bagi saya mereka terlihat sedang bermain – main. Saya tak habis pikir mereka ‘tertawa terbahak – bahak’ ketikan dibelakang layar padahal kegiatan sedang berlangsung. Entah apa jadinya yang mereka kader. Mungkin karena inilah ketika saya merasa tak enak badan saya langsung memutuskan untuk tak mengikuti acara ini.

Di sela- sela acara Kaderisasi, saya semapt mengikuti acara pra-Event Fardes. Acara ini merupakan langkah awal untuk menuju acara sebenarnya yang akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli. Saya bersama panitia yang lain yang kira – kira berjumlah 20 orang berangkat kesana untuk mencari ‘masalah’ yang kira – kira bisa diterapkan pada acara Fardesnya. Sebagai anak acara, saya mempunyai rasa untuk ‘harus ikut’ acara ini. inilah komitmen saya, ketika sya merasa penting pasti saya akan melakukan apa yang saya bisa lakukan. Setelah 2 hari berkelana di desa Kidangpananjung, kami pun balik ke kampus dan hasilnya dibicarakan lebih lanjut.

Setelah acara ini saya malah jadi sakit, mungkin karena emang udah lama tak sakit kali makanya harus ‘menjalani jatah’ sakit.sakit ini emang aga lama, badan panas, tak nafsu makan, kepala pusing, muntah, dan ditambah lagi dengan sariawan yang tiba tiba muncul serta sakit gigi. Lengkap sudah, semuanya diborong pada saat itu. Inilah salh satu alasan saya tak mengikuti acara Kaderisasi secara utuh selain alasan yang sudah disebutkan. Ketika ditanya kenapa tak ikut acara Kaderisasi, jawaban saya enteng saja, sakit gak enak badan. Namun ya begitulah tanggapannya, tp saya tak ambil pusing karena emang saya sudah males ikut acaranya. Walaupun masih dalam keadaan sakit saya sempatkan datang acara Kaderisasi, saya tahan rasa sakit saya dan emang tak terlalu kelihatan kalau saya sakit, tapi keesokannya malah tambah parah, ya sudahlah.

Selain acara kampus, saya juga masih sempat terlibat kegiatan Perhimak, sebuah organisasi mahasiswa Kebumen, yaitu menemani anak – anak yang akan masuk kuliah dari beberapa SMA di Kebumen. Di sini saya cuma mengajar Biologi dan B Indonesia, dan saya cukup prihatin dengan input – input yang ada. Mudah – mudahan kejadian di tahun saya bisa terulang, ketika itu para pengajar juga meragukan kemampuan pesrta didik, tapi ternyata banyak yang masuk juga.

Sebelum acara Perhimak selesai saya sudah pulang terlebih dahulu ke Kebumen karena tugas saya sebagai pengajar utama B Indonesia telah tuntas walaupun sebagai pengajar pembantu Biologi belum selesai. Alasan saya meninggalkan acara ini karena memang saya cuma punya waktu sebentar untuk bisa berada dirumah selama liburan karena akhir Juni sudah harus kembali ke Bandung untuk mengikuti beberapa acara.

Akhirnya pada tanggal 9 saya putuskan untuk pulang ke rumah. Saya rencanayna baru akan pulang tanggal 11 tapi karena ada hal lain yang mengharapkan saya pulang lebih awal maka saya majukan jadwal kepulangan saya.

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

