Fardes XIII, Pengalaman tak Terlupakan



Fardes XIII adalah salah satu event yang akan selalu terkenang didalam hidup saya. Di Fardes XIII ini saya belajar untuk memahami budaya masyarakat yang berbeda dengan budaya yang sudah saya kenal sebelumnya. Disini saya bisa sedikit belajar budaya Sunda yang mana saya tak terlalu tahu sebelumnya karena saya bukan orang Sunda, melainkan orang Jawa. Sebenarnya secara garis besar perilaku masyarakat tak terlalu berbeda dengan masyarakat desa saya sendiri, jadi sebenarnya saya tak terlalu kaget dengan keadaan disana. Menurut pandangan saya mereka sangat menginginkan adanya suatu perubahan dengan adanya program – program yang ada didesanya terutama yang berasal dari luar, salah satunya program Fardes XIII ini. Saya kira rasa kebersamaan disana sudah tak terlalu kental seperti kebanyakan keadaan desa yang saya kenal, apalagi ditingkat RW. Mungkin ini pernyataan yang salah (atau saya salah mengartikan), tapi ini saya dengar langsung dari salah satu warga disana. Akan tetapi saya masih sangat merasakan keramahan – keramahan mereka selama saya jalan – jalan ketika tinggal disana. Hal ini bisa dilihat dari cara mereka menerima kita, menyapa kita, menawarkan sesuatu pada kita, dan menanggapi apa yang kita bawa ke sana.
Banyak hal yang bisa kita pelajari dari desa Kidang Pananjung sebagai desa Fardes XIII. Selama hampir seminggu disana hal yang saya simpulkan adalah bahwa banyak aspek kesehatan yang perlu dibenahi. Mungkin kita bisa lebih mengoptimalkan potensi alamnya (TOGA) untuk mengatasi problem kesehatan disana yang kebanyakan memang disebabkan oleh aktivitas mereka yang berat. Selain TOGA, kita juga harus lebih banyak mensosialisasikan pentingnya kesehatan bagi mereka mulai dari pola hidup sehat (makanan dan minuman serta kebiasaan – kebiasaan yang kurang benar) maupun pengetahuan tentang penggunaan obat.
Fardes XIII ini bukan sekedar acara yang biasa, ini adalah sebuah pengalaman, pengalaman kita untuk hidup bermasyarakat. Semua aktivitas disini akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan.


About Asyhar


Tinggalkan Balasan

