Workshop Teknik Wawancara dan Pembuatan CV


HMF sebagai sebuah organisasi berusaha memenuhi kebutuhan anggotanya dalam segala aspek, terutama hal – hal yang tak didapat didunia kuliah maupun hal – hal dalam rangka pengembangan dari apa yang sudah diperoleh di kuliah. Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah dengan mengadaka workshop mengenai bagaimana cara – cara menghadapi wawancara ketika melamar sebuah pekerjaan dan bagaimana membuat CV yang menarik. Acara ini sendiri dikoordinir oleh divisi Workshop yang dinaungi Bidang Keprofesian BP HMF ‘Ars Preparandi’ ITB 2010 – 2011 dan diselenggarakan pada hari Sabtu, 5 Maret 2011 di ruang Edukatorium Sekolah Farmasi ITB.
Pada kesempatan tersebut, HMF mengundang Dra. Sri Wayuni, M. Psi. sebagai narasumber. Pada intinya dalam wawancara ada 3 hal yang perlu dilakukan, yaitu :
  1. Persiapan : Dalam hal ini kita dituntut untuk akti mencari semua hal yang terkait dengan dunia kerja yang akan diambil. Hal ini meliputi jenis pekerjaan dengan segala informasinya mengenai apa saja yang menjadi tanggung jawab posisi tersebut, gaji yang diterima, pengetahuan tentang perusahaan, dan hal lain mengenai perusahaan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kita tak boleh telat datang ke tempat wawancara, minimal 10 menit sebelumnya kita harus sudah berada ditempat. Hal ini bisa mendukung diri kita secara mental, denga datang lebih awal kita bisa lebih mengatur mental kita dan dan terkesan terburu – buru. Kita juga harus menjaga penampilan karena kesan pertama sangat menentukan dan selanjutnya terserah anda. Selain itu, kita juga harus menguasai berkas – berkas yang telah kita berikan kepada mereka, termasuk CV. Sebenarnya persiapan ini bisa kita pelajari, tapi satu hal yang perlu diingat bahwa persiapan itu tak akan maksimal kecuali kita telah terlati dalam hal berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini dapat kita peroleh dalam pengalaman kita berorganisasi, dimana dalam organisasi kita tentunya belajar berkomunikasi antar sesama.
  2. Presentasi : Hal yang dimaksud adalah ekskusi ketika kita diwawancarai. Dalam hal ini, kita juga harus memperhatikan bagaiman cara kita memasuki ruanagn wawancara, sikap kita ketika wawancara (body language) dan cara kita duduk, serta cara kita memandang orang yang mewancarai kita. Untuk menghindari ke-grogian kita terhadap pewawancara, kita tak perlu menatap matanya, tapi cukup menatap daerah tengah mata bagian atas. Hal terpenting adalah kita harus sigap dalam menjawab segala pertanyaan yang diajukan. Kita harus sigap menyimak dan cepat merespon, tapi tidak terburu – buru. Kita harus cerdas dalam menjawab dan lebih mengarahkan jawaban kita ke arah kontribusi yang bisa kita lakukan terhadap perusahaan dengan mengacu terhadapan peningkatan pengetahuan kita. Kita harus menghindari memotong atau menyela pembicaraan pewawancara.
  3. Penutup : Dalam penutup juga termasuk kesiapan kita mempersiapkan pertanyaan yang bakal kita ajukan bial diberi kesempatan bertanya. Hindari bertanya bila tak diberi kesempatan. Kita juga harus menunjukkan sikap antusias dan rasa ingin tahu yang lebih terhadap perusahaan dan pekerjaan tersebut. Usahakan kita memberi kesan positif. Kita juga bisa menutup dengan berjabat tangan dan berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan.
Selain wawancara, kita juga harus memperiapkan CV dengan baik. Kita bisa melihat contoh CV yang baik dari berbagai sumber, termasuk internet. Secara umum, CV mencantumkan segala informasi tentang diri kita, termasuk personal info, deskripsi diri, riwayat pendidikan, pengalaman organisasi dan kepanitiaan, pengalaman seminar dan worksop, prestasi, keahlian dan kemampuan dan hal lain yang mendukung. Kita juga harus cerdas dalam menulis segala informasi, utamakan hal – hal yang berhubungandenga jenis pekerjaan dan perusahaan yang bersangkutan. Jangan lupa buat semenari mungkin. Kalau mau mencantumkan foto, pilih yang sesuai dan fokus, terutama wajah kita agar bisa mudah diingat.
Semangat buat HMF ‘Ars Praeparandi’ ITB, yuk kita tunjukkan karya – karya terbaik kita, kita tunjukkan pada dunia bahwa kita dapat memberikan MANFAAT YANG TERASA bagi orang – orang disekitar kita menuju Indonesia sejahtera!

 

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: