Apalah Arti sebuah Nama?


Nama adalah sebuah identitas seseorang. Bayangkan bila seseorang gak punya nama, bagaimana cara kita mengenal orang tersebut, bagaimana kita menyapa orang tersebut? Mungkin akan ada celah untuk itu, tapi nama tetaplah sebuah identitas yang harus dijaga.

Nama adalah sebuah do’a. Tentunya orang tua kita memberikan nama agar menjadi doa buat kita. Sebagai contoh, ada orang tua yang memberikan nama Sugiharto, yang tentunya suatu saat nanti orang tersebut mempunyai banyak harta (dalam bahasa jawa) ataupun ada oarng tua yang berharap anaknya tetep selamat sehingga diberi nama Slamet.

Ketika kita menyebut nama seseorang, tentunya kita harus menyebutnya dengan tepat karena itu sebuah do’a. Tentu kita berharap do’a itu akan terkabul, jadi kita juga harus benar – benar tepat mengucapakan do’a sehingga sesuai harapan. dengan demikian nama menjadi penting untuk disebut sesuai dengan harapan yang diinginkan. Salah satunya adalah masalah pemenggalan. Entah ini benar atau tidak, tapi seingat saya ada contoh yang menarik ketika seseorang bernama Aditya yang artiya udah bagus (kurang tahu tepatnya apa) tapi apa yang terjadi ketika dipanggil Ditya? Mungkin gak banyak orang yang kepikiran bahwa artinya akan sangant berbeda dengan nama lengkapnya yaitu “buta”. Bisa dibayangkan kan, ketika nama kamu Aditya dan dipanggil “buta” (Ditya). Sungguh menyesakkan bukan? tapi terkadang hal ini dianggap remeh dan gak penting bagi semua orang. Selain itu kita juga harus berhati – hati dengan menyebuta nama seseorang yang memakai bahasa arab, banyak hurus yang dibaca mirip ketika kita gak fokus (tsa, sa, sya, sha). Ketika kita salah mengucapkan, maka akan bisa berakibat fatal, karena sering maknanya akan berbeda jauh sekali bahkan artinya menjadi jelek.

 

Ayok kita biasakan memanggil nama seseorang dengan benar karena NAMA ADALAH SEBUAH DO’A!

About Asyhar


5 responses to “Apalah Arti sebuah Nama?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: