Jawaban dari Arti Sebuah Nama


Setiap nama tentunya mempunyai arti tersendiri, entah nama itu berasal dari nama lokal asing, singkatan, plesetan, ataupun yang lainnya. Arti sebuah nama ini saya rasa merupakan cerminan do’a dari orang tua kita yang memberikan nama ataupun menyetujui pemberian nama. Disini saya mencoba mengulas arti nama saya. Arti ini memang tak saya peroleh langsung dari orang tua saya mengenail penjelasan detailnya, tapi saya mencoba menguraikan berdasarkan pengetahuan saya. Nama depan saya adalah Ma’sum dan nama belakang saya adalah Al Asyhar dan berikut adalah sedikit ulasannya :

Ma’sum

Ma’sum merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab. Sebenarnya kalo secara bakunya tersususn dari huruf “mim = ma”, “‘ain = ‘ “, “shod = shu”, dan “mim = m”, jadi dibaca ma’shum tapi dalam lingkungan Indonesia lebih dikenal kata ma’sum. Kata ini merupakan salah satu sifat nabi Muhammad SAW yang artinya kurang lebih terjaga dari dosa. Namun saya lebih memilih arti terjaga-nya saja tanpa embel – embel dosa-nya karena saya rasa saya hanyalah manusia biasa, bukan manusia luar biasa apalagi nabi.

Al Asyhar

Kata ini juga masih merupakan kata yang bersal dari bahasa Arab. Akan tetapi saya tak mengetahuinya secara pasti tentang artinya, bahkan sampai sekarang saya menemukan dua versi. Versi pertama adalah kata ini merupakan salah satu modifikasi kata masyhur yang artinya terkenal sehingga bila digabung dengan kata pertama nama saya kurang lebih artinya adalah orang terkenal yang terjaga. Sebenarnya saya tak menemukan kata ini dalam kamus Arab – Indonesia yang terlengkap yang ada di Indonesia. Ini merupakan sedikit analisis dari saya.

Versi kedua adalah kata ini merupaka kata – kata kuno didalam bahasa Arab yang artinya warna putih cerah dari bunga – bunga. Arti ini saya temukan didalam sebuah blog yang menyatakan bahwa dalah kamus kuno bahasa Arab kata asyhar didefinisikan artinya sebagaimana tersebut sehingga bila digabung dengan kata pertama dalam nama saya menjadi kurang lebih adalah warna putih cerah dari bunga – bunga yang terjaga.

Dari dua versi tersebut, sebenarnya saya lebih cenderung ke makna yang kedua, entah mengapa, saya pun tak tahu mengapa demikian. Saya berharap nama itu tetap tercermin dalam pribadi saya dikehidupan sehari – hari. Saya berharap saya tetap putih, putih dalam berfikir, putih dalam bersikap, dan putih dalam bertindak, serta tak lupa putih dalam bertanggung jawab. Semua itu tentunya dilakukan dengan tetap terjaga keputihannya. Amin.

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: