Bagi Saya, Ini Inspiratif


Ini adalah kisah nyata yang menurut saya memberikan inspirasi. Seorang penjual nasi goreng didekat kosan yang menjadi langganan saya. Dia adalah orang jawa yang selalu menebar senyum kepada para pembelinya. Dia juga selalu menyapa orang yang lewat. Dia gak peduli apakah dia ditanggapi atau tidak, dia tetep menyapa. Dia terlihat peduli dan peka dengan para pembelinya dan gak pilih – pilih dalam menjalani kegiatannya. Kadang saya berfikir bahwa inilah sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin. Seorang pemimpin harus peduli dan peka terhadap lingkungan sekitar. Dia harus peduli terhadap orang – orang yang dia pimpin. Dia harus peduli juga terhadap orang – orang yang membantunya. Dia tak boleh pilih kasih dalam menunjukkan sikapnya.

Pedang yang biasa disebut pak jawa ini juga tak keberatan mengantarkan pesanan pelanggannya, bahkan terkadang pembelinya meminta dia mengantarkan walaupun dia datang juga. Terkadang saya merasa ngapain sih nih satu pelanggan doang ngrepotin. Tapi mungkin bakal lain dengan apa yang dipikirkan pak jawa ini. Dia tetap menebar senyum dan tetap menuruti kemauan pelanggannya. Hal ini jelas terlihat dari senyuman yang malah menghiasi wajahnya. Mungkin ini sejalan dengan peribahasa yang mengatakan bahwa pembeli adalah raja. Mungkin peribahasa ini tak lazim bila dibandingkan dengan seorang pemimpin. Seorang pemimpin lebih identik sebagai seorang raja, walaupun terkadang tak sedikit orang yang menyatakan bahwa pemimpin adalah pelayan. Mungkin sikap pak jawa ini seharusnya diterapkan oleh para pemimpin. Pemimpin harus siap melayani para anggotanya untuk pemenuhan kebutuhan. Dia juga harus memfasilitasi para bawahannya untuk tetap semangat, termasuk mengingatkan hal – hal kecil sekalipun. Namun apa yang terjadi dengan para pemimpin disekitar kita? Saya rasa kalian sudah punya jawabannya. Lalu, bagaimana jika Anda seorang pemimpin? Apa yang telah Anda lakukan? Apakah Anda sudah merasa melakukan tugas sebagai seorang pemimpin? Saya rasa kalian punya jawaban tersendiri.

About Asyhar


2 responses to “Bagi Saya, Ini Inspiratif

Tinggalkan Balasan

