PROKM 2011


Kampus merupakan tempat menempuh pendidikan pendidikan bagi para mahasiswa. Selayaknya sebuah keluarga, kampus akan selalu menyambut para anggota barunya. Tahun ini ITB kembali kembali menyambut para putra – putri terbaik bangsa dalam rangkaian acara PROKM 2011. Kebetulan penyambutan bertepatan dengan bulan suci ramadhan, dilakukan selama kurang lebih satu minggu. Dimulai dari tanggal 1 Agustus dengan pembukaan yang tak bisa dinikmati massa kampus secara luas tapi lumayan terasa bagi beberapa orang yang dikampus dengan sistem pensuasanaan kampus. Pensuasaan PROKM 2011 yang mengangkat tema ‘Semangat Berkemahasiswaan, untuk Indonesia’ ini, dilakuakn dengan pengondisian pulang melewati kampus yang sudah disetting dengan beragam warna – warni himpunan, termasuk HMF ‘Ars Praeparandi’ ITB. Selain itu dibentangkan pula tulisan – tulisan bertema pendidikan disepanjang jalan didalam kampus.

Secara keseluruhan acara ini terbilang unik yang menunjukkan bahwa para massa kampus siap menyambut adik – adik mereka. Akan tetapi terkadang saya berfikir ada beberapa tindakan massa kampus yang terkesan tak menunjukkan sikapnya sebagai seorang kakak terhadap para adik – adiknya. Ada beberapa yang meneriakkan kalimat – kalimat yang saya rasa tak pantas. Terlepas dari itu semua, kita harus tetap berfikir positif bahwa yang mereka lakukan punya tujuan yang terkadang kita tak ketahui.

Setelah melewati hari pertama, PROKM 2011 terasa mati selama 3 hari, terutama bagi massa kampus. Bayangkan, hari kedua acara sidang terbuka disabuga dan hari ketiga dan keempat diisi dari acara kampus yang tak tersentuh panitia. Dibalik semua itu, PROKM 2011 mungkin akan tetap terasa bagi para maba 2011 karena mereka tetap berinteraksi dengan panitia sepulang dari kampus. Entah apa yang mereka lakukan tapi ini tak dirasakan suasananya oleh para massa kampus karena dikampus acaranya terasa seperti benar – benar mati. Tak sedikit teman saya yang bilang seperti itu.

Hari jumat mungkin adalah hari PROKM yang paling terasa, terutama buat massa kampus. Kampus benar – benar tersuasana dengan baik dan menunjukkan bahwa PROKM benar – benar ada dan nyata. Kita bisa lihat interaksi – interaksi yang maba lakukan dengan panitia sampai interaksi maba dengan massa kampus. Bagi saya ini sungguh luar biasa terasanya. Termasuk HMF ‘Ars Praeparandi’ ITB yang ikut terlibat dalam interaksi tersebut. Hari itu berlanjut flow-nya sampai sore, yaitu dengan adanya acara ceremonial closing yang cukup meriah dan diluar ekspetasi saya dengan melihat kenyataan yang ada tetnatng keberjalanan PROKM hari – hari sebelumnya. Terlepas dari kesalahan – kesalahan yang dilakukan dibalik layar ato dilapangan atau bahkan ada yang bilang sukses ini sekedar sukses panitia sebagai Event Organizer dan bukan sebagai pengkader, yang saya pengin katakan adalah bahwa PROKM 2011 dihari jumat sungguh TERASA.

PROKM tak berhenti sampai disini, masih ada Open House Unit (OHU) yang dilaksanakan di hari berikutnya. Disinilah harinya anak – anak unit setelah hari – hari sebelumnya acara PROKM lebih terkesan punya anak himpunan. Selain menampilkan kebolehan masing – masing unit, mereka juga membuka kesempatan maba untuk ikut bergabung dengan mereka.

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: