Latihan Kepemimpinan Organisasi (LKO) 2011


Sabtu, 10 September 2011 HMF ‘Ars Praeparandi’ ITB kembali mengadakan pelatihan kepemimpinan lanjutan berupa LKO yang bertempat di  Wisma Ciburial. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kaderisasi HMF yaitu tahap umum 2 yang merupakan lanjutan dari tahap umum 1 (AKSARA). Dalam kurikulum kaderisasi HMF, acara ini merupakan syarat anggota untuk bisa menjadi jajaran Badan Pengurus (BP).

Dalam acara ini peserta yang merupakan angkatan 2010 diberikan berbagai materi kepemimpinan, baik kepemimpinan secara umum maupun kepemimpinan secara khusus, terutama dilingkungan HMF itu sendiri. Selain itu peserta juga diberikan berbagai macam permainan (games) yang tentunya sangat bermanfaat dan mengandung sejuta manfaat. Dalam rangkaian games tersebut akan memperlihatkan kekokmpakan sebuah tim, terlihatnya bakat / karakter kepemimpinan masing – masing peserta, keceriaan, semangat, dan rasa kekeluargaan yang erat di HMF. Para peserta juga diberikan berbagai bentuk acara untuk berfikir taktis dengan melalui simulasi debat dan lingkar wacana. Disini peserta dituntut untuk bisa mengungkapkan pendapat mereka dan tentunya bisa menjaga pendapat serta menyakinkan pendapat mereka ke orang lain.

Saya sendiri dalam ikut acara ini lebih bersifat sebagai salah satu perwakilan dari jajaran BP HMF. Peran saya disini lebih bersifat memantau segala aktivitas yang terjadi baik dari panitia maupun peserta dan memeberikan sedikit pendapat atau sekedar masukan ketika ada yang bertanya. Selain itu, saya juga sempat menjadi salah satu mentor dalam lingkar wacana dimana disini lebih menekankan bahwa peserta adalah anggota aktif HMF dan mereka harus bisa berbuat lebih untuk HMF. Salah satunya adalah dengan memotivasi mereka untuk lebih bisa mengungkapkan pendapat mereka. Dalam lingkar wacana ini tidak ada pembenaran atau penyalahan terhadap semua pendapat yang diutarakan. Namun, tetap saja kita berikan fakta / realita serta keadaaan – keadaan yang menyangkut dengan pendapat yang mereka berikan, khususnsya sesuai dengan permasalahan yang ada.

Selain itu dalam akhir dari rangkaian acara LKO diadakan acara api unggun. Di sini dibuat acara untuk seru – seruan dimana dibackan beberapa surat cinta dari para peserta (2010) untuk para seniornya. Beberapa peserta ada yang membacakan surat yang telah mereka buta dan mereka begitu ekspresif dalam membacakan sehingga mengundang gemuruh dan teriakan dari peserta yang lain. Apalagi ketika senior yang dituju (menerima surat cinta) terlihat salah tingkah. Saya sendiri juga mendapat surat cinta kalau tidak salah 2 buah, tapi untuknya tak termasuk yang dibacakan didepan. Tentunya surat cinta ini hanya sekedar seru – seruan belakan dan bertujuan untuk lebih mendekatkan antar peserta yang masih anggota baru agar lebih bisa mengenal seniornya. Diharapkan melalui momen – momen seperti ini lebih bisa meningkatkan rasa kekeluargaan dalam lingkungan HMF.

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: