Soft Capsule


Kapsul adalah sediaan padat yang terdiri dari obat dalam cangkang keras atau lunak yang dapat larut. Cangkang umumnya terbuat  dari gelatin tetapi dapat juga terbuat dari pati atau bahan lain yang sesuai. Berdasarkan bentuknya kapsul dalam farmasi dibedakan menjadi dua yaitu kapsul keras dan kapsul lunak. Kapsul lunak adalah suatu sediaan yang terdiri dari satu bagian yang utuh (one-piece), tertutup rapat, yang dapat mengandung cairan/larutan, suspensi atau semi padat. Kapsul lunak dapat dijumpai dalam berbagai bentuk seperti bentuk tabung bulat, elips, bujur, dan bentuk khusus.

Keunggulan

Beberapa keuntungan dari kapsul lunak tak terlepas dari fakta bahwa proses enkapsulasi mensyaratkan bahwa obat itu menjadi cair atau setidaknya dilepaskan, dilarutkan, atau ditangguhkan dalam medium cair. Dalam proses pembuatannya karena menggunakan sistem cairan yang sudah terukur, tingkat reproduksibilitas kapsul lunak lebih tinggi bila dibandingkan dengan pembuatan tablet dan produk gelatin keras kapsul. Selain itu, tingkat homogenitas yang lebih tinggi dimungkinkan dalam sistem cair daripada yang bisa dicapai dalam campuran bubuk. Keuntungan lain yang adalah rilis cepat dari kontens dengan peningkatan ketersediaan hayati.

Kapsul lunak tertutup rapat sebagai konsekuensi alami dari proses manufaktur. Dengan demikian, bentuk sediaan yang unik ini cocok untuk obat cair dan mudah menguap. Obat yang mudah teroksidasi udara juga dapat diformulasikan dengan baik dalam bentuk sediaan karena cangkang lunaknya bisa menjadi penghalang efektif untuk oksigen. Selain itu, terdapat keuntungan – keuntungan lain sebagai berikut :

  1. Mudah ditelan
  2. Memberikan akurasi dosis yang tepat dan keseragaman pengisian dalam tiap unit.
  3. Persyaratan manufaktur lebih konsisten, meliputi peracikan, pencampuran, dan pengisian yang lebih akurat sehingga cairan lebih homogen.
  4. Penyerapan dan bioavailabilitas dapat ditingkatkan dengan formulasi senyawa dalam larutan.
  5. Meningkatkan stabilitas dan keamanan dengan ketatnya hermetical segel yang melindungi isi dari udara dan pencemaran lingkungan. Gelatin cangkang dapat diformulasikan untuk memblokir sinar ultraviolet.
  6. Cangkang yang lunak memungkinkan kapsul mempunyai bentuk dan ukuran yang sesuai untuk pengiriman oral, topikal, kunyah dan supositoria.

Kelemahan

Salah satu kelemahan dari kapsul lunak adalah bahwa untuk proses produksi  memerlukan keahlian khusus dan alat yang canggih. Kapsul lunak bukan merupakan bentuk sediaan murah, terutama bila dibandingkan dengan tablet kempa langsung. Ada kontak yang lebih intim antara cangkang dan isinya yang terbuat dari bahan cair sehingga meningkatkan kemungkinan interaksi yang kuat. Sebagai contoh, hidrat chloral diformulasikan dengan bahan berbasis minyak memberikan sebuah efek proteolitik pada cangkang gelatin, namun, efeknya sangat berkurang saat bahan berbasis minyak diganti dengan polietilen glikol.

Obat dapat bermigrasi dari bahan berminyak ke cangkang dimana kita ketahui bahwa hal ini berhubungan dengan kelarutan dalam air dan koefisien partisi antara air dan pelarut nonpolar. Beberapa zat terlarut juga dapat bermigrasi ke permukaan cangkang luar di tempat yang dapat hilang pada saat pembersihan. Produk seperti kapsul oral atau supositoria, baik cangkang dan isinya harus dipertimbangkan konten obat ketika migrasi terjadi karena obat di cangkang dapat memberikan untuk pelepasan awal obat sebelum cangkang pecah.

Selain hal – hal diatas yang telah dijelaskan secara rinci, kapsul lunak juga mempunyai beberapa kelemahan yang membatasi penggunaannya, yaitu :

  1. Sumber gelatin hewan dapat menjadi masalah bagi konsumen tertentu seperti vegetarian atau vegan dan kelompok agama atau etnis tertentu (Yahudi, Muslim, Hindu, dll) yang melarang penggunaan hewan tertentu untuk dikonsumsi.
  2. Gelatin yang digunakan biasanya sudah dimodifikasi dan rentan terhadap aldehid.
  3. Sulit menghasilkan kapsul warna karena transparan dan pengaruh intrinsik Reaksi Maillard pada warna gelatin.
  4. Sensitif terhadap suhu dan kelembaban sehingga memerlukan kemasan dan kondisi penyimpanan yang khusus untuk memastikan stabilitas produk.
  5. Harga gelatin komersial yang mahal dapat menjadi masalah tambahan karena berimbas pada mahalnya kapsul lunak yang berbasis gelatin.

About Asyhar


13 responses to “Soft Capsule

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: