Review pemaparan Visi Misi, persembahan dari Caketum no. 3


Berikut adalah sedikit pengalaman yang saya dapatkan, kira – kira satu tahun yang lalu. Tujuan saya mempublikasikan tulisan ini bukanlah untuk pamer atau teman – temannya. Mudah – mudahan apa yang saya pos dapat memberikan gambaran tentang sebuah mimpi, mimpi untuk menjadi orang yang memberikan manfaat yang terasa bagi orang – orang disekitar. 

VISI

 “HMF sebagai satu kesatuan organisasi yang terintregasikan secara utuh untuk memberikan wawasan yang manfaat dan terasa bagi semua anggota.”

‘HMF sebagai satu kesatuan organisasi yang terintregasikan secara utuh’

  • Pembentukan organisasi yang dapat bersinergi baik antar anggota , anggota – BP, maupun organisasi – SF.
  • Pembentukan Badan Pengurus yang kokoh sehingga mendapat kepercayaan dalam memipin dan menginspirasi anggota serta pihak – pihak terkait untuk berperan aktif.

‘wawasan’

  • Akademik : asas kefarmasian –>pemanfaatan aset HMF,terutama perpustakaan
  • Non-akademik: asas kemahasiswaan, aplikasi keilmuan; asas kefarmasian, aplikasi keilmuan;  pembelajaran organisasi berbagai kegiatan
  • Internal
    • Internal HMF:
      –  asas ketuhanan (agama sebagai pedoman hidup, pribadi dan organisasi)

–  asas kekeluargaan (proses pendidikan dan pendewasaan individu serta organisasi

–  informasi tentang AD/ART, peraturan yang berlaku, hak dan kewajiban anggota

    • Internal kampus  :
      –  asas kemahasiswaan àperan kita kepada masyarakat sebagai intelek

–  informasi perkembangan kemahasiswaan terpusat, khususnya KM

  • Eksternal : informasi organisasi diluar kampus (peran mereka dan kita)

‘manfaat dan terasa’

Kata “manfaat” dan “terasa” merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, ibarat dua sisi uang logam. Manfaat itu harus terasa bagi semua pihak yang terkait, terutama yang terkait secara langsung baik itu pera perangkat (panitia) maupun objek (sasaran kegiatan).

‘bagi semua anggota’

Manfaat dan terasa diharapkan dinikmati semua anggota, sesuai dengan hak dan keawiban serta proporsi masing – masing. Setiap orang punya tujuan tersendiri dalam kuliah baik itu akademik secara mutlak maupun ada yang ingi berorganisasi, kita tempatkan mereka sesuai keinginginan. Yang konsen diakademik bisa kita arahkan ke pengembangan wawasan akademik maupun non akademik yang tertuju pada aplikasi keilmuwanàtutorial, PKM, kompetisi keilmuwan. Adapun orang – orang yang punya minat di keorganisasian bisa tempatkan mereka dibidangnya. àpengorganisasian berbagai kegiatan

MISI

 1. Membangun, mengoptimalkan, dan menjaga potensi HMF baik aset fisik, intelektualitas, maupun SDM-nya.

  • Aset fisik : perpustakaan, sekre, alat kebutuhan rumah tangga organisasi
  • Intelektualitas : tutorial, PKM, kompetisi keilmuwan
  • SDM : panitia bergagai kegiatan

2. Mengagendakan kegiatan – kegiatan dalam rangka pengembangan wawasan akademikmaupun non-akademik serta wawasan internal maupun eksternal.

3. Mengoptimalkan kinerja bidang maupun divisi sebagai bagian dari organisasi guna mewujudkan adanya kemanfaatan yang terasa dari program yang dijalankan.

  • Pembentukan struktur oirganisasi sesuai kebutuhan, efektif dan efisien
  • Perumusan proker – proker sesuai bidang dan divisi sesuai kebutuhan

Review Pertanyaan dan Tanggapan

1. Visi yang paling benar, kenapa sudah benar-benar bisa dikatakan sebagai Visi?

Visi adalah gambaran keadaan yang aka dituju/dicapai, àvisi yang saya buat sudah sesuai dan tak ada yang perlu diragukan lagi karena semuanya sudah dipersiapkan secara matang bersama Tim Promotor dan Tim Sukses.

2. Perbaikan kalimat Visi

Visi yang saya sampaikan tak ada yang perlu diperbaiki, krena sudah sesuai dan dipikirkan secara matang.

3. Apakah Visi yang Anda bawakan visible untuk dilaksanakan?alasan?

Visi saya sangatlah visible untuk dilaksanakan di HMF. Saya mencapai tahap ini tentunya sudah memikirkan apa saja yang bakal saya lakukan dan tidak mungkin sya membawa sesuatu (visi) yang tidak jelas. #pejelasan dan alasan sudah sangat jelas dalam penjelasan Visi Misi yang diatas.

4. Apakah Anda tulus dengan niat?Kenapa  Visi ini yang anda bawa?

Saya sudah sampai tahap ini tentunya saya sangat tulus dengan niat saya, niat untuk menuju satu tujuan, HMF yang lebih baik. latar belakang saya dalam membawa visi yang telah saya paparka adalah sebagai berikut :

a. internalisasi

hal ini terwujud dalam visi saya yaitu ‘‘HMF sebagai satu kesatuan organisasi yang terintregasikan secara utuh’ , beserta keterangannya.  Sebagai organisasi yang bagus tidak mungkin untuk tidak terbentuknya satu kesatuan organisasi yang terintregasikan, sebagai organisasi yang kompak.

b. eksternalisasi

Hali ini tergambarkan dalam visi saya ‘manfaat dan terasa’. Selama yang saya rasakan sebagai salah satu staf di Divisi Ismafarsi, saya masih sangat merasakan adanya manfaat yang terasa bagi semua anggota. Selain itu, kadang saya miris, karena ada sebagian orang yang mengatakan bahwa organisasi diluar kurang bermanfaat. Saya rasa ini adalah kewajiban BP untuk menggalakkan organisasi diluar agar manfaatnya dapat terasa oleh orang – orang dalam, tidak cuma anak – anak eksternal. Mungkin ini adalah masalah yang terjadi setiap tahun, tapi ini adalah tantangan buat saya untuk membenahi proker yang diberikan agar teman – teman yang tergabung di divisi eksternal dapat memberikan inspirasi buat anggota yang lain agar bisa berperan aktif.

5. Coba berikan masalah sosial dilingkungan Anda, dan bagaimana cara mengatasinya?

Salah satu masalah yang saya soroti adalah banyaknya masalah kaderisasi tidak sehat yang terungkap, kaderisasi adalah suatu tonggak pokok, akar dari pembentukan jatidiri. Sebagai contoh, kaderisasi di HMF, kita mempunyai 4 asas (ketuhanan, kemahasiswaan, kefarmasian, dan kekeluargaan) yang harus ditanamkan sejak awal, sejak kaderisasi sehingga dapat membentuk kader – kader sesuai yang dinginkan ( 4 asas tersebut). Misal, ada asa kemahasiswaan yang berarti kita sebagai kaum intelek yang siap dididik, yang bisa membela kepentingn masyarakat, kemudian ditanamkam asas kefarmasian yaitu sebagai jati diri kita sebagai mahasiswa farmasi. Dengan adanya penanaman kedua asas tersebut secara matang, nantinya diharapkan terbentuknya mahasiswa yang bisa membantu kepentingn masyarakat dalam kasus – kasus sosial, khususnya dibidang kefarmasian.

Mungkin jawaban diatas belum bisa menjawab, ada peserta lain yang menanggapi kenapa kalian tidak menyebut bencana Wasior yang terjadi di Papua, yang sangat heboh diberitakan. Bencana tersebut diduga diakibatkan oleh ilegal loging. Kita sebagai mahasiswa harusnya tahu tentang itu walaupun itu tidak berhubungan langsung dengan kefarmasian. Mungkin saya tidak kepikiran ketika didepan. Saya mengucapkan terima kasih, buat teman – teman yang sudah mengingatkan saya untuk lebih tanggap lagi terhadap maslah sosial disekitar kita.

6. Apa sih loyalitas itu? Kenapa anda susah – susah menjadi Cakahim?apakah 100%?

Loyalitas bagi saya adalah rasa memiliki. Apabila kita merasa memiliki sesuatu kita akan menjaganya, kita akan tahu bahwa kita punya kewajiban dan hak terhadap apa yang kta miliki sehingga kita bisa menempatkan diri sesuai posisi kita.

Kenapa saya susah – susah karena saya punya punya tujuan, satu tujuan, untuk HMF yang lebih baik. Hal ini telah jelas terpammpang di visi misi saya beserta keterangannya.

Saya 100% persen dalam pencalonan ini, semuanya sudah dipersiapkan secara matang bersama teman – teman promotor dan tim sukses saya. Jadi tak ada keraguan lagi bagi saya untuk maju menjadi salah satu kandidat ketua himpunan ioni.

7. Sebagai salah satu calon, gagaimana pendapat anda apa yang lebih utama dalam pencalonan ini, visi atau keinginan menjadi ketua?

Bagi saya visi itu lebih utama. Sebelum sampai tahap ini saya sudah punya suatu visi tentang HMF itu sendiri, walaupun waktu itu saya belum punya pikiran utnuk maju menjadi Kahim. Saya maju samapi saat ini hanya ingin memaksimalkan untuk usaha, kalau saya layak saya siap memegang amaha yang teman – teman berikan.

8. Kendala terberat apa yang kira – kira dihadapi, bagaiman penanggulangannya?

Kendala terberat yang mungkin saya alami adalah komitmen Badan Pengurus yang saya bentuk. Namun, hal ini sudah saya pikirkan matang – matang sebelumnya. Hal ini akan saya atasi dengan adanya pembentukan badan pengurus itu sendiri, saya berharap badan pengurus yang saya bentuk adalah badan pengurus yang bisa mendapatkan kepercayaan dan bisa menginspirasi teman – taman lainnya untuk bisa berperan berperan aktif dalam organisasi ini. selain itu saya akan menyatukan visi misi yang saya bawa ini kepada semua massa himpunan, khususnya BP agar tidak terjadinya kesalahpahaman di BP di kemudian hari yang dapat menghambat keberjalanan organisasi yang akan saya pimpin.

Saya maju berdiri disini bukan untuk menjadi pemenang.

Saya berdiri disini meluruskan niat, hanya memaksimalkan usaha dan ikhtiar.

Usaha dan ikhtiar untuk memberikan gambaran.

Gambaran Visi Misi untuk satu tujuan.

HMF yang lebih baik!!!!

Jika kalian merasa saya layak untuk memimpin, pilihlah saya!

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

