RA (Rapat Anggota), Sebuah Kedudukan Tertinggikah di Sebuah Himpunan???


Rapat Anggota atau lebih kita kenal dengan RA secara konstitusi adalah kedudukan tertinggi dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Farmasi ‘Ars Praeparandi’ ITB. Hal ini juga jelas tercantum dalam AD/ART, tapi hal tersebut menurut saya hanya sebatas retorika belaka. Kenapa? Hal ini jelas terlihat dari keberlangsungan RA yang selam ini telah terlaksana, khususnya selam 3 tahun terakhir, dimana saya sudah menjadi anggota aktif himpunan sehingga saya tahu apa yang terjadi.

Secara AD/ART, setiap RA mengharuskan kehadiran anggota aktif, minimal 2/3 dari anggota. Namun, pada kenyataannya hal itu belum pernah tercapai. Bayangkan, dari total sekitar 450-an anggota aktif, yang hadir gak pernah menyentuh angka 100. Dari kenyataan – kenyataan yang terjadi kemudian muncul beberapa pertanyaan, Apakah RA ini masih menjadi sebuah tonggak tertinggi dari himpunan ini? Apakah sistem RA yang sekarang masih layak untuk dipertahankan? Apakah anggota aktif mengerti akan pentingnya RA ini? Apakah perlu perubahan mendasar untuk kebaikan nasib himpunan ini, terutama masalah komitmen?

Itu hanya sedikit sekali pertanyaan – pertanyaan yang muncul ketika masalah RA menguak. Disini tentunya tidak serta merta bisa kita simpulkan dari kejadian yang ada. Kita perlu mangkaji lebih jauh masalah apa yang terjadi sehingga kita bisa mengambil kebijakan yang terbaik. Selama ini ketika tidak terjadi kuorum hanya ditunda sekitar 30 menit dan RA bisa dilanjutkan karena begitulah yang diatur di AD/ART. Mungkin ini merupakan sikap lembek dalam menghadapi massa himpunan. Mungkin kita perlu mengkaji apakah sikap yang demikian masih cukup efektif. Mungkin kita perlu mengambil tindakan lebih tegas untuk menindak lanjuti masalah ini. Mungkin kita perlu benar – benar menunda RA sampai terbentu kuorum sampai batas waktu tertentu. Nantinya ketika masih menghasilkan hal yang kurang diharapkan, berarti menunjukkan bahwa massa himpuna sudah tidak bisa diperlakukan secara lelembek maupun keras sehingga perlu ada perubahan hal mendasar mengenai sistem RA ini. Hal – hal mendasar ini bisa meliputi jumlah kehadiran, siapa yang hadir, rentang RA, kenyamanan RA, dan lain sebagainya.

Mari kita tunggu langkah konkrit menuju perubahan RA yang lebih baik!!!

Buktikan kalau RA memang benar – benar bisa TERASA manfaatnya bagi himpunan ini!!!

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: