FARMADAYS 2011 : NATURAL HEALTH FOR A BETTER LIFE


Farmadays 2011 merupakan suatu rangkaian acara yang diselenggrakan oleh Himpunan Mahasiswa Farmasi (HMF) ‘Ars Praeparandi’ ITB. Salah satu tujuan acara ini adalah untuk memperkenalkan keilmuan farmasi secara luas dibarengi dengan pengaplikasiaannya. Rangkaian acara Farmadays 2011 terdiri dari Beauty Class, Patient Counseling Event (PCE), Workshop dan Seminar, serta Pameran Karya. Jika sebelumnya PCE, Beauty Class, dan Seminar diadakan secara terpisah, maka mulai tahun ini, mereka disatukan dalam satu rangkaian acara Farmadays 2011.

Beauty Class bareng Wardah dan Body Shop

Sabtu, 13 November 2011, rangkaian Farmadays dibuka dengan acara Beauty Class yang bekerja sama dengan Wardah dan Body Shop. Beauty class merupakan suatu acara di bidang kecantikan yang berbasis pada penggunaan kosmetik. Rangkaian acara Beauty Class terdiri dari seminar dan workshop. Acara yang diikuti oleh sekitar 210 peserta ini dibuka oleh Tari Piring yang telah dipersiapkan oleh panitia.

Para peseta yang mendapatkan produk – produk dari Wardah dan Body Shop dibagi menjadi kelompok kecil dan masing – masing kelompok dibimbing oleh seorang tutor. Dengan demikian materi yang diberikan akan lebih terasa. Para peserta juga terlihat sangat antusias dalam acara ini. hal ini terlihat dari aktifnya peserta dalam sesi tanya jawab yang dilakukan.

Patient Counselling Event (PCE) 2011

Sabtu, 19 November 2011, rangkaian Farmadays 2011 dilanjutkan dengan acara Patient Counselling Event (PCE) yang bertujuan untuk mengembangkan skill komunikasi dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memberikan konseling kepada pasien agar tercipta hubungan penuh kepercayaan antar pasien dan apoteker. PCE terdiri dari dua bagian utama, yaitu studium generale dan lomba konseling pasien.

Studium Generale

Dalam Studium Generale, acara dibuka dengan penampilan teman – teman Unit Keluarga Paduan Angklung (KPA) ITB yang memukau. Peran farmasis di Indonesia yang memang masih tertinggal dibandingkan negara-negara maju, kebutuhan masyarakat akan farmasis yang semakin pentinguntuk mengedukasi dan membimbing masyarakat dalam penggunaan obat yang baik dan benar, dibahas secara tuntas dalam Studium Generale ini di Campus Center Timur ITB. Semuanya dikemas dalam tema “Penggunaan Obat yang Tidak Tepat di Masyarakat dan Peran Farmasis di Dalamnya”. Studium Generale ini menghadirkan tiga pembicara yang yang tentunya sangat berkompetensi dan berpengalaman dibidang ini, yaitu Sri Bintang Lestari, S.Si.,Apt dari Kementrian Kesehatan Indonesia, Dr. Endang Kumalawati, Apt., dan Sri Hartini, M.Si.,Apt.

Studium Generale ini diikuti oleh sekitar 230 peserta dari seluruh Indonesia, baik yang sedang menempuh pendidikan S1 Farmasi, pendidikan profesi apoteker, maupun lulusan keduanya. Mereka berasal 18 universitas yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sanata Dharma, Universitas Jenderal Soedirman, hingga Universitas Andalas (Padang), Universitas Sumatera Utara, Universitas Surabaya dan Universitas Udayana (Bali) serta universitas lainnya. Salah satu bahasan yang sangat menarik perhatian peserta dalam acara tersebut adalah tentang peran strategis seorang farmasis dalam mendukung upaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, termasuk untuk mencegah kesalahan penggunaan obat. PP No.51/2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian pada intinya telah meletakkan pondasi yang jelas tentang lingkup kerja seorang farmasis. PP tersebut menyatakan bahwa seorang farmasis seharusnya melayani langsung dan bertanggung jawab kepada pasien dengan tujuan mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Dari PP tersebut, jelaslah bahwa posisi farmasis adalah setingkat dengan pelayan kesehatan yang lain seperti dokter. “Seharusnya profesi apoteker dan dokter adalah seperti garam dan merica,” ujar salah satu pembicara.

Untuk mewujudkan hal tersebut, farmasis perlu secara efektif mengadakan konseling dengan pasien, dengan harapan pasien akan teredukasi dalam cara penggunaan obat dan penyalahgunaan penyakit. “Konseling yang baik merupakan wujud pharmacy leadership menuju Indonesia sehat paripurna,” ujar Dr. Endang Kumalawati, Apt. Para pembicara juga memberikan masalah – masalah nyata yang terjadi di masyarakat dan bagaiman cara mengatasinya.

Kompetisi PCE

Setelah Studium Generale PCE 2011 selesai acara dilanjutkan dengan Kompetisi Patient Counseling Event (PCE) 2011 yang merupakan kompetisi kompetisi konseling pasien yang pertama dan paling bergengsi di Indonesia. Kompetisi PCE 2011 yang diikuti oleh peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ini terdiri dari tiga babak, yaitu penyisihan, semifinal, dan babak final. Dalam kompetisi ini ada dua kategori yang diperlombakan, yaitu beginner (untuk mahasiswa S1) dan advanced (untuk mahasiswa profesi apoteker).Setelah istirahat,  tahap penyisihan diadakan di Gedung TVST ITB, peserta diberikan sebuah kasus konseling dan peserta harus dapat memberikan konseling mengenai kasus yang diberikan.

Dihari kedua, Minggu 20 November 2011, peserta yang lolos ke tahap semifinal akan mengikuti seleksi lanjut yang diadakan di Laboratorium Klinik Sekolah Farmasi ITB, hingga diperoleh 5 orang peserta masing-masing untuk kategori beginner dan advanced. Tahap final sendiri dibuka dengan tarian Merak yang dipersiapkan oleh panitia, di Auditorium IPTEKS Campus Center Timur ITB. Tahap final ini lebih mempunyai tantangan tersendiri bagi peserta karena dapat disaksikan oleh umum.

Dalam babak final ini, satu orang peserta dari ITB, dua dari Universitas Sanata Dharma (USD), dan dua dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berkompetisi untuk memperebutkan juara untuk kategori beginner. Adapun, untuk kategori advanced,  juara diperebutkan oleh 2 peserta dari Universitas Sanata Dharma dan 3 peserta dari Universitas Indonesia. Setelah dihibur oleh teman – teman Unit ITB Student Orkresta (ISO) sembari menunggu keputusan dewan juri, akhirnya pengumuman pemenang dilakukan. Setelah melalui perdebatan yang cukup lama, para juri akhirnya memutuskan bahwa juara kategori beginner adalah peserta dari USD (juara 1 dan juara 3) dan UGM (juara 2). Sementara itu, juara kategori advanced diraih oleh USD (juara 1 dan juara 2) dan UI (juara 3).

Pada kompetisi yang tersebut, selain mendapatkan hadiah berupa tabungan, peserta juara 1 untuk masing-masing kategori berhak mendapatkan voucher senilai Rp2 juta untuk mengikuti kompetisi PCE international di 58th IPSF World Congress 2011 di Mesir. Juara 1 untuk level advance juga berhak atas Piala Bergilir Patient Counseling Event dari Dekan Sekolah Farmasi ITB.

Workshop & Seminar “Cara Cerdas Hidup Sehat”

Minggu, 20 November 2011, Farmadays 2011 kembali menyajikan acara untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari yang bertempat di Aula Barat ITB. Acara yang diikuti oleh sekitar 150 peserta ini menghadirkan dua pembicara yang sangat berkompeten di bidangnya, yaitu dr. Phaidon L. Toruan dan dr. Irsan Hasan. Dalam hal ini para peserta juga mendapatkan goody bag yang berisi buku panduan kesehatan dan majalah dari Emax, serta produk standar untuk seminar.

Pada sesi pertama, peserta acara diberikan materi yang sangat menarik tentang pengaturan pola makan, food combining, dan cara berolahraga secara sehat, hemat, dan bermanfaat. Setelah itu, peserta kemudian diberikan pelatihan tentang cara menghitung BMI dan kalori masing-masing, serta membuat pola menu makanan harian. Pembawaan dr. Phaidon yang merupakan Direktur Sport Science Badan Tim Nasional PSSI 2010 dalam seminar tersebut sangat menarik antusiasme dari para peserta yang hadir. Semua peserta kelihatan sangat bersemangat untuk mendengarkan pemaparan darinya, termasuk mengikuti pelatihan yang dibimbingnya.

Setelah sesi pertama selesai, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari dr. Irsan Hasan, pakar liver dari Prodia, yang menyampaikan materi mengenai penyakit hepatitis dan cara penanganannya. Secara rinci, dr. Irsan menguraikan berbagai macam penyakit hepatitis, mulai dari hepatitis A, B, hingga hepatitis C.

Paparan tersebut juga mengundang banyak peserta untuk memahami lebih jauh tentang penyakit hepatitis. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta mengenai penyakit ini, terutama mengenai hepatitis A sedang mewabah di salah satu daerah di kota Bandung. Dalam kesempatan tersebut, dr. Irsan juga menyampaikan tentang pentingnya vaksinasi hepatitis untuk mencegah penularan penyakit yang cukup berbahaya tersebut.

Pameran Karya

Sabtu dan Minggu, 19-20 November 2011, lapangan Campus Center Timur ITB tampak ramai dengan puluhan stand dan pameran poster yang terpasang dengan apiknya. Sebagai salah satu rangkaian acara Farmadays 2011, panitia memamerkan beberapa karya kefarmasian yang dihasilkan civitas di Sekolah Farmasi ITB. Para pengunjung juga bisa mencoba membuat sendiri produk farmasi sederhana pada kesempatan tersebut.

Salah satu stand yang sangat menarik perhatian mengunjung adalah pembuatan produk. Pada stand tersebut, pengunjung bisa membuat sendiri produk-produk farmasi yang sederhana dan dapat dibuat sendiri seperti minyak anti serangga, balsam, masker, dan aromaterapi. Dengan mencampurkan beberapa bahan, pengunjung dapat membawa pulang produk buatannya sendiri dengan hanya membayar Rp2 ribu.

Untuk membuat anti serangga misalnya, pengunjung cukup menambahkan citronella oil, propilen glikol, menthol, eucalyptus oil, vanilin, dan isopropilalkohol dengan komposisi tertentu. Setelah itu, minyak tersebut bisa dibawa pulang dalam kemasan vial. Pengunjung juga diberikan katalog agar produk dapat dibuat kembali di rumah.

Selain stand tersebut, pameran karya tersebut juga memamerkan beberapa karya kefarmasian yang dihasilkan oleh civitas Sekolah Farmasi ITB, mulai dari penelitian dosen, penelitian mahasiswa, hingga penelitian lomba yang dilakukan misalnya ketika PIMFI 2011 berlangsung. Disana, pengunjung juga dapat memberikan testimoni terhadap penelitian yang dilakukan.

Pameran lain seperti karya himpunan, juga ditunjukkan dalam kesempatan tersebut. Program Farmasi Pedesaan (Fardes) misalnya, memamerkan beberapa foto ketika program tersebut berlangsung. Selain pameran, Pameran Karya Farmadays 2011 ini juga diisi dengan stand-stand makanan beserta stand Prodia.

Closing Stage bareng Unit – Unit Kesenian Kampus dan Bintang Tamu

Minggu, 20 November 2011, rangkaian acara Farmadays 2011 ditutup dengan meriah. Sebelum acara penutupan dilakukan, diadakan lomba Make Over antar himpunan. Acara ini bertujuan untuk melihat sejauh mana aplikasi dari ilmu yang telah mereka dapat dari acara Beauty Class. Acara ini sendiri diikuti oleh 20 tim yang berasal dari seluruh himpunan yang ada di ITB.

Pada kesempatan tersebut, pengumuman pemenang lomba make Over dilakukan dan akhirnya diumumkan juara 1 diperoleh oleh tim dari FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain), juara 2 oleh HMF (Himpunan Mahasiswa Farmasi), dan juara 3 oleh HMFT (Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik). Masih – masing pemenang memperoleh produk dari Wardah dan Body Shop serta uang tabungan. Pada acara closing ini sendiri, ada penampilan dari The Trees and The Wild, IT Jazz, OSD HMT, Musang GEA, dan Medical Music Symphony FK Unpad.

About Asyhar


One response to “FARMADAYS 2011 : NATURAL HEALTH FOR A BETTER LIFE

  • 11 Pengalaman Paling Berkesan Selama 2011 « THE FANTASY of Geda_Gore

    […] Farmadays merupakan acara terbesar HMF ‘Ars Praeparandi’ yang ada di tahun 2011. Saya jadi SC disini mungkin hanya karena jabatan saya yang kebetulan pegang wakil ketua umum, dimana memang Farmadays ini tanggung jawabnya ditaruh dibawah wakil. Namun menurut saya ini merupakan suatu pengalaman yang sangat berarti buat saya. Apalgi dengan latar belakang saya yang bisa dikatakan gak pernah pegang acara, tapi harus jadi SC sebuah acara yang besar. Banyak yang bisa saya pelajari disini dengan bumbu – bumbu konflik internal angkatan maupun antar angkatan. Walaupun secara hasil belum sesuai yang diharapkan tapi saya menikmati prosesnya yang begitu luar biasa buat saya. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: