11 Pengalaman Paling Berkesan Selama 2011


Ikut Pemilu Perhimak Bandung

Pemilu Perhimak Bandung di 2011 memang merupakan ‘jatah’ untuk angkatan 2008, tapi disini tak semua mencalonkan. Dari sekitar 15 orang hanya 5 orang yang berani mencalonkan, termasuk saya. Saya cukup bangga karena saya pun masuk 3 besar. Saya merasa disinilah keberanian saya mulai timbul sehingga berani mengikuti pemilu yang lain. Disini saya belajar bagaimana menyusun kata dan menjawab pertanyaan – pertanyaan taktis dari anggota Perhimak Bandung.

Ikut Pemilu HMF

Ini merupakan Pemilu ketiga yang saya alami dengan menyandang status sebagai mahasiswa. Banyak alasan yang melandasi pergerakan saya ini, mulai dari landasan emosional sampai kepercayaan seseorang yang menurut saya berwibawa. Saya bukanlah siapa – siapa ketika mengikuti pemilu ini, tak pernah sekalipun saya ‘berkontribusi’ kepada HMF kecuali ketika ‘terpaksa’ menggantikan Kadiv acara pada Fardes XIII. Banyak orang yang bilang saya punya kualitas, tapi popularitas dan vokalitas saya jauh kalah kelas dengan calon lain. Hasilnya bisa ditebak saya kalah diputaran pertama.

Ada sesuatu yang membuat saya bangga ikut pemilu ini, saya bisa menyakinkan kualitas saya pada sekitar 90 orang. Ada yang lebih membuat saya lebih bangga, saya tahu siapa orang – orang yang memilih saya dan alasan mereka memilih saya, yaitu apa yang saya bawa. Satu lagi yang membuat saya bangga adalah berkembangnya rumor bahwa saya diprediksi akan memenangkan pemilu oleh sebagian besar panitia pemilu, tapi prediksi itu tak terjadi karena budaya HMF yang tak mendukung. Apapun yang terjadi, saya cuma bisa bangga bisa ambil sejarah dalam pemilu HMF karen bukan hgasil akhir yang saya kejar, tapi prosesnya yang sangat mengesankan. Berikut adalah link apa yang saya bawa dahulu kala, yaitu hearing 1 dan hearing 2.

Jadi Wakil Ketua Umum HMF

Wakil Ketua Umum adalah suatu posisi yang tak pernah saya bayangkan sebelumnya. Adaberbagai fartor kenapa saya bisa menduduki posisi ini, yang pertama dan utama adalah karena saya ikut Pemilu HMF. Walaupun ini hanya anggapan saya tapi saya meyakini kebenarannya. Secara tanggung jawab mungkin posisi ini memang tak menguntungkan karena banyak ketidakjelasan, ini murni pendapat saya. Namun, secara posisi semata, posisi ini merupakan suatu hal prestisius di HMF, bayangkan ini adalah posisi yang pasti orang kenal, gak hanya dihimpunan sendiri tapi juga dihimpunan lain. Banyak hal yang bisa saya pelajari dengan menduduki posisi ini, apalagi dengan bumbu – bumbu konflik internal organisasi yang sudah pasti ada.

Aktif di Ismafarsi

Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI), sebuah organisasi yang mungkin lebih saya senangi ketimbang HMF sebelumnya. Saya juga tak menyangka bakal cukup aktif di organisasi ini. Didukung dengan keinginan yang sangat kuat untuk berorganisasi dan adanya kesempatan, akhirnya saya memberanikan diri untuk ikut menjabat menjadi Staf Ahli Keuangan di kepengurusan ISMAFARSI Wilayah Bandung Raya. Dengan adanya posisi yang saya pegang tentunya meicu rasa tanggung jawab yang lebih tinggi untuk ikut acara – acara yang diadakan, mulai dari Kajian Kefarmasian, Latihan Kepemimpinan, Acara kekeluargaan, Musyawarah Wilayah, Rapat Kerja Wilayah, dan lain sebagainya.

Bisa Ambil TA 1

Menurut saya ini adalah sebuah prestasi karena belum semua angkata 2008 bisa ambil TA 1 ini. Jadi ketika saya bisa ambil, saya harus merasa bangga dan tentunya juga harus bersyukur. Mungkin dalam perjalannya memang belum lancar dan sesuai harapan, tapi saya berharap dengan bergantinya tahun ke 2012 akan lebih memotivasi saya untuk bergerak lebih jauh sehingga bisa lulus di tahun 2012, aamiinn…

Bisa Bawa Motor di Bandung

Bawa motor mungkin belum terlalu familiar buat saya karena sampai SMA saya gak pernah yang namanya dipegangin motor ama ortu. Akhirnya Oktober 2011 dapetlah motor Jupiter MX, gak biasa pake motor langsung pakai yang kopling, awalnya ribet banget tapi setelah satu bulan, motor kopling lebih nyaman daripada motor biasa. Motor ini dibawa ke bandung buat memperlancar aktivitas. Dengan adanya motor ini saya gak mesti takut pulang dini hari karena terkadang tuntutan tanggung jawab dikampus atau gak perlu pake angkot bila ingin pergi kemana – mana. Naas motor saya cuma berumur sekitar 8 bulan saja karena dibulan juni 2011 motor itu ilang entah kemana.

Ikut Rakernas ISMAFARSI

Rapat Keja Nasional (Rakernas) ISMAFARSI tahun 2011 kebetulan diadakan di Tasikmalaya, daerah yang cukup dekat dengan Bandung, akhirnya bisa ikutan acara nasional ISMAFARSI. Disini banyak pengalaman yang saya dapatkan. Disini saya bisa dapet temen baru dari berbagai universitas di Indonesia. Saya bisa berdebat dengan beberapa anak dari mereka, mungkin perdebatan paling sengit adalah ketika dikomisi B, sebenarnya saya merasa apa yang saya perdebatkan tak terlalu berguna, hanya masalah seru – seruan aja bagi saya, apalagi dengan salah satu anak UI yang cukup cantik menurut saya. Namun kayaknya sebel dengan saya melihat apa yang saya lakukan dalam debat. Namun masih ada juga anak2 yang pro dengan saya, kebanyakan anak Joglosepur.

Jadi SC Farmadays

Farmadays merupakan acara terbesar HMF ‘Ars Praeparandi’ yang ada di tahun 2011. Saya jadi SC disini mungkin hanya karena jabatan saya yang kebetulan pegang wakil ketua umum, dimana memang Farmadays ini tanggung jawabnya ditaruh dibawah wakil. Namun menurut saya ini merupakan suatu pengalaman yang sangat berarti buat saya. Apalgi dengan latar belakang saya yang bisa dikatakan gak pernah pegang acara, tapi harus jadi SC sebuah acara yang besar. Banyak yang bisa saya pelajari disini dengan bumbu – bumbu konflik internal angkatan maupun antar angkatan. Walaupun secara hasil belum sesuai yang diharapkan tapi saya menikmati prosesnya yang begitu luar biasa buat saya.

Wisata ke Ujung Genteng

Wisata ke pantai mungkin sudah biasa, tapi wisata ke pantai Ujung Genteng bareng temen2 saya  rasa sungguh pengalaman yang luar biasa. Rumah saya memang deket pantai jadi melihat pantai saya merasa biasa saja. Hal yang membuat luar biasa adalah perjalanannya yang seru dan tentunya petualangan disana yang super seru. Perjalanan yang hampir seharian dari bandung disertai perjalanan dengan ‘bombomcart’ yang sungguh luar biasa. Disana dimalam hari kami sempat mengunjungi tempat observasi penyu, bayangkan dari abis manghrib sampai jam 2-an pagi, diselingi tiduran dibawah lautan bintang dilangit yang sungguh menawan. Apalagi diselingi curhatan perjalanan cinta dari temen2 temen sekalian yang terkadang mengocok perut. Selain itu dikeesokan harinya kami menusuri keindahan pantai, sampai masuk kedalam hutan. Sungguh luar biasa.

Jadi Kadiv Kaderisasi di Perhimak Bandung

Kadiv kaderisasi merupakan salah satu tanggung jawab yang saya pegang di tahun 2011. Mungkin disini saya tak banyak turun tangan untuk bekerja tapi saya punya perpanjangan tangan melalui staf – staf saya yang luar biasa. Saya cukup mengkondisikan diawal mereka sudah bisa bekerja dijalur mereka. Tahun 2011 adalah tahun yang cukup fenomenal bagi Perhimak Bandung, biasanya ditahun ganjil tak banyak yang masuk ITB tapi ditahun ini dengan pola kaderisasi yang tersusun secara rapi dan didukung banyaknya minat dari anak2 Kebumen, akhirnya banyak yang diterima di ITB di tahun 2011, yaitu lebih dari 11 orang untuk yang ITB saja.

Bersahabat Bersama Executive HMF

Banyak alasan bersahabat seperti yang telah saya uraikan dalam tulisan sebelumnya. Nah, mungkin persahabatan saya ini bisa dikategorikan ke alasan karena kebutuhan dan keadaan. Keadaan karena kita harus sering bertemu dan kebutuhan untuk kita saling memahami sehingga membentuk tim yang solid, minimal satu tahu untuk menjalankan tanggung jawab sebagai petinggi HMF. Selian 2 alasan tadi banyak hal lain yang turut menghiasi persahabatan ini, mulai dari konflik cinta, konflik ketidakpuasan dengan bentuk kepemimpinan, sampai konflik pribadi. Dengan banyaknya konflik tersebut membuat saya mendapatkan pengalaman yang sungguh berkesan. Saya tentunya sangat berterima kasih kepada teman2 executive sekalian yang telah memberikan kesempatan untuk dekat dengan kalian. Mungkin memang tak bisa dipungkiri saya salah satu orang yang sering menimbulkan percikan api untuk dimulainya sebauh konflik, untuk itu juga saya minta maaf. Mungkin umur persahabatan ini memang cuma 1 tahun, yah karena persahabatan ini karena cuma karena keadaan dan kebutuhan temen2 terhadap saya, tapi sudah cukup berkesan buat saya.

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

