Problem Solving


Problem solving merupakan suatu proses mental dan intelektual dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah berdasarkan data dan informasi yang akurat, sehingga dapat diambil kesimpulan yang tepat dan cermat serta menjadi solusi dalam penyelesaian masalah tersebut. Secara umum tentunya kita akan tahu bagaimana cara-cara kita ketika sedang menghadapi masalah. Walaupun terkadang apa yang kita lakukan sudah benar dan mencapai sebuah kesimpulan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah, tapi mungkin ada beberapa hal yang kita lupakan sehingga hasil implementasinya tak begitu sempurna. Disini saya mencoba mmengidentifikasikan beberapa langkah dalam menemukan solusi dari suatu masalah. Ini merupakan apa yang saya dapat dari materi kuliah digabung dengan apa yang saya dapat dari pengalaman berorganisasi. Secara umum langkah-langkah tersebut saya susun sebagai berikut :

Identifikasi Masalah


Identifikasi masalah merupakan hal mendasar dalam problem solving. Kita harus bisa mendefinisikan masalah yang sedang kita hadapi sehingga kita bisa lebih fokus. Definisi disini melingkupi batasan-batasan masalah yang nantinya akan membantu kita dalam menentukan parameter keberhasilan solusi yang kita dapatkan.

Generalisasi Solusi

Banyak solusi yang bisa kita tawarkan untuk sebuah masalah. Kita jangan sampai mempersempitnya dalam batas koridor-koridor tertentu yang akan menghambat kreativitas pemikiran kita. Dari tahapan ini diharapkan kita mebuka solusi dengan brainstorming sehingga bisa mengeluarkan segala kreativitas individu yang kita miliki. Ini menjadi penting untuk memberikan pandangan luas bahwa setiap masalah banyak solusinya. Kita bisa saja memulai dengan sesuatu yang konyol dan gak realistis, setiap apa yang kita pikirkan dapat kita tuangkan sepenuhnya sehingga kita akan kaya akan solusi.

Evaluasi dan Pemilihan Solusi

Dari solusi-solusi yang banyak yang telah kita dapatkan dalam langkah sebelumnya kita mulai memikirkan solusi-solusi tersebut lebih mendalam dan melihatnya dari berbagai aspek. Solusi ini dapat kita kaitkan dengan berbagai faktor yang ada. Kita dapat mengaitkannya dengan penyebab-penyebab masalah yang ada, solusi-solusi masalah terdahulu, pandangan orang terhadap masalah yang ada, dan lain sebagainya. Dari sini kita akan mulai menyempitkan solusi yang kita punya. Selanjutnya dapat kita lakukan pemilihan terhadap solusi yang sudah mengerucut tersebut. Evaluasi dan pemilihan ini saling berkaitan sehingga dilakukan secara beiringan.

Sesuaikan Solusi dengan Etika yang Berlaku

Dari beberapa solusi yang kita pilih, kita juga harus menyesuaikan dengan etika-etika yang berlaku dilingkungan kita dan lingkungan solusi itu akan diterapkan. Ini menjadi sesuatu yang penting demi menjaga alur etika sehingga tetap harmonis. Dengan demikian kita akan nyaman menjalankan solusi kita.

Implementasikan Solusi

Setelah solusi terpilih tentunya solusi itu harus kita implementasikan secara nyata sehingga manfaatnya akan terasa. Solusi diharapkan membawa kesuksesan, sedangkan kesuksesan selalu berhubungan dengan sesuatu yang nyata dan tak hanya sebatas teori dan pemikiran belaka.

Monitoring Keberjalanan Implementasi Solusi

Keberjalanan implementasi wajib kita lakukan sehingga nantinya kita tahu ada pengaruh luar yang mempengaruhi prosesnya atau tidak yang secara langsung juga akan berpengaruh terhadap hasil.

Evaluasi

Evaluasi merupakan hal pentig untuk menindaklanjuti hasil yang didapatkan.

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: