Alasan Orang Ke Sekre Himpunan


Semua orang tahu apa itu skere himpunan kan? Di ITB adalah salah satu dari institusi yang sangat kental dengan aroma himpunannya, dimana semuanya punya sekre. Dari banyaknya sekre tersebut ada yang terlihat selalu rame, ada yang ramenya berkala atau bahkan ada yang gak pernah rame. Rame ato nggaknya sekre tersebut banyak hal yang mempengaruhi, mulai dari luas daya tampung (luas vs jumlah anggota), kenyamanan, kebutuhan, dan lain sebagainya. Disini saya berusaha mengulas salah satu faktor keramaian sekre dilihat dari alasan-alasan anggota mengunjunginya. Saya merasa hal ini ada kaitannya dengan sebuah loyalitas dan kepoedulian terhadap sebuah himpunan.

Ada Tanggung Jawab sebagai Pengurus

Seorang yang punya tanggung jawab sebagai pengurus tentunya akan lebih sering memiliki sekre dan tentunya bakal sering mengunjunginya, entah itu karena ada kepentingan atau sekedar main belaka. Hal ini pernah saya alami sendiri, semakin tinggi posisi orang disebuah himpunan maka akan semakin sering orang tersebut terlihat di sekre.

Nyari Koneksi Internet

Setiap sekre himpunan sudah barang tentu punya sambungan wi-fi sendiri. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi anggotanya untuk pergi ke sekre guna mencari koneksi tingkat tinggi. Bahkan terkadang ada yang rela dateng pagi-pagi ke himpunan atau bahkan ampe sore di himpunan demi sebuah koneksi. Apalagi di ITB ada salah satu komunitas dimana bisa download film gratis dengan kecepatan tinggi yang sangat mudah diakses dari kampus.

Nyari Buku

Perpustakaan termasuk salah satu aset himpunan yang menyediakan buku-buku jurusan yang biasanya tebal-tebal dan mahal dan jarang tidak secara simultan digunakan. Hal ini membuat orang jarang yang punya seluruh buku, tapi dengan adanya himpunan (himpunan saya) semua masalah tersebut dapat diatasi. Apalagi sekarang ini perpus jurusan telah berpindah ke perpus pusat yang letaknya cukup jauh.

Makan di Kantin

Himpunan saya termasuk himpunan yang beruntung dimana ada kantin disebelahnya yang cukup bersih. Saya rasa ini juga menjadi salah satu kunci himpunan saya selalu terlihat ramai diwaktu istirahat, khususnya antara jam 11-13.

Janjian Sama Temen

Ketika kita janjian ama temen-temen seangkatan-sejurusan dikampus, secara spontan biasanya kita menyebut sekre himpunan sebagai tempatnya. Hal ini karena terlihat praktis bagi sebagian besar orang walaupun saya pastikan tetap adda orang-orang yang alergi menggunakan himpunan.

Ada Rapat Himpunan

Rapat himpunan tentunya gak akan jauh0jauh dari yang namanya sekre himpunan. Jadi ketika ada rapat mau tak mau kita juga mengunjungi sekre himpunan.

Ada Acara Himpunan

Begitu pula halnya dengan rapa, sebagian besar acara himpunan juga gak akan jauh-jauh dari sekre, apalagi yang bersifat “kekeluargaan”.

Cari Jaslab

Himpunan saya termasuk salah satu yang “sangat” memfasilitasi anggotanya sehingga kalau ada anak yang mau praktikum tapi lupa bawa jaslab bisa aja nyewa atau bahkan beli dihimpunan. Kalauapun tak ada biasanya mereka akan cari-cari anak dihimpunan untuk minjem dari yang gak praktikum.

Beli Keperluan Akademik

Himpunan juga saya rasa menyediakan keperluan-keperluan akademik lainnya seperti buku kuliah, keperluan lain alat prakikum atau bahan yang mau tak mau ketika kita kepepet perginya ke himpunan.

Nongkrong

Kadang ada juga anak-anak yang menjadikan sekre himpunan sebagai tempat tongkrongan, selama ada waktu senggang pasti akan terlihat dihimpunan. Ketika hal ini terjadi terhadap sebagian besar anggota, menurut saya himpunan tersebut sudah ideal. Himpunan itu berasa berharga bagi anggotonya, istilah saya nya himpunan sudah TERASA. Ini gak Cuma berlaku untuk anak yang baru dilantik jadi anggota himpunan atau orang-orang yang menjabat saja tapi juga para senior yang biasanya Cuma nongkrong di lab. Ketika semua elemen anggota menjadikan sekre himpunan lah menunjukkan bahwa ada ikatan yang kuat antara anggotanya dengan jiwa himpunan itu sendiri.

Itu hanya sekelumit unek-unek saya pribadi. Melalui tulisan ini saya mencoba ingin bertanya kepada temen-temen himpunan semua, sebenarnya tujuan utama kalau kalian pergi ke himpunan itu apa? Apakah sudah termasuk dari apa yang sudah saya utarakan diatas? Atau mungkin mau membenarkan, mengurangi, atau bahkan menambahkan alasan? Mari kita bercermin sebenarnya apa sih tujuan kita berhimpunan? Apakah kita hanya ikut-ikutan kaderisasi karena harus SATU ANGKATAN???

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: