Peranan ICLA bagi Pengembangan Produk Mobil


Industri mobil semakin hari terus saja berkembang. Setiap produsen terus saja mengembangkan produk-produkanya untuk menarik perhatian pasar dan para konsumennya. Mereka terus saja berusaha meningkatkan penjualan mereka demi meraih keuntungan maksimal dari pasar. Dalam hal ini tentunya produsen harus cermat dalam memahami kebutuhan para konsumennya sehingga apa yang mereka targetkan akan tercapai.

Indonesia Car Life Style Award (ICLA) merupakan sebuah ajang yang sangat bermanfaat buat berbagai pihak, tak terkecuali para pelaku industri mobil. Ajang ini akan membantu memberikan gambaran terhadap para produsen mobil tentang kondisi pasar mereka di Indonesia. Para produsen dapat mempelajari kecenderungan setiap konsumen terhadap selera mobil tertentu. Tak disemua negara mempunyai kecenderungan akan kesukaan terhadap kategori mobil yang sama. Hal ini tentunya berbeda sesuai keadaan masing-masing negara, baik itu keadaan ekonomi, keadaan sosial, keadaan pola konsuntif masyarakata, maupun keadaan lainnya. Dengan demikian strategi pasar yang mereka gunakan akan jauh lebih tepat dan efisien.

Sejauh ini ICLA 2012 berusaha membantu produsen mobil untuk memetakan target pemasaran mereka melalu kategori-kategori yang kemas. Ada 4 kategori yang mereka tawarkan, yaitu Family Car, Work Car, Female Car, dan Play Car. Banyak kontribusi yang bisa diberikan oleh ICLA 2012, salah satunya adalah dalam masalah desain. Tentunya dengan pengelompokkan tersebut akan membuat produsen lebih jeli mendesain mobil produksi mereka. Tentunya mobil yang ditujukan untuk keluarga akan berbeda dengan mobil untuk kerja, mobil untuk cewek, maupun mobil untuk gaya (bermain) sehari-hari. Mobil untuk kerja tentunya mempunyai ukuran yang cukup besar dimana diharapkan bisa menampung sebanyak mungkin aggota keluarga. Misal, untuk mobil kerja didukung dengan fasilitas yang mendukung dunia kerja atau bisa diubah untuk area meeting kecil sehingga efisien ketika sedang mengahadapi macet atau perjalanan panjang. Mobil cewek bisa saja ditambahkan aksesoris yang disukai para cewek dengan kombinasi warna yang lebih banyak. Adapun untuk mobil yang digunakan untuk bermain dalam keseharian tentunya juga punya sisi lain, misal ditambahkan perangkat audio yang lebih mumpumin sehingga lebih menarik.

Selain itu, dengan adanya acara ini bisa digunakan untuk menganalisis jumlah ideal dari tiap-tiap tipe mobil yang akan diproduksi sehingga sesuai kebutuhan pasar. Sebagai contoh misalkan mobil-mobil yang termasuk kategori Female Car dan Play Car harus diproduksi dalam jumlah yang lebih banyak daripada Family Car dan Work Car. Hal ini tentunya sesuai keadaan bahwa di Indonesia banyak anak-anak perempuan yang telah dimanjakan dengan mobil dan tentunya banyak juga para remaja yang menggunakan mobil untuk bermain.

Pemetaan distribusi mobil ke daerah-daerah juga dapat dipantau melalui ajang ini. Sebagai contoh saja, kita bisa saja lebih memasok kendaraan-kendaran tipe keja untuk para petani. Kita tahu bersama bahwa negara Indonesia merupakan negara agraris yang mempunyai banyak petani dan biasanya berkembang didaerah pedesaan. Dengan adanya ajang ini tentunya dapat digali lebih dalam lagi kondisi kebutuhan para petani akan mobil-mobil yang bisa meringankian pekerjaan mereka. Tentunya ini juga akan berkaitan dengan kebijakan distribusinya karena tak mungkin kan kita menggunakan mobil tipe cewek untuk para petani.

Dengan melihat hasil dari ICLA 2012 ini yang diharapkan sukses, diharapkan membuka mata para produsen untuk mempertimbangkan mendirikan produk mereka di Indonesia. Hal ini bukan ada maksud apa-apa, tapi lebih ke arah penghematan anggaran produksi sehingga keuntungan lebih maksimal. Jadi dengan adanya ICLA 2012 ini dapat memberikan gambaran-gambaran strategi pemasaran dan produksi.

About Asyhar


4 responses to “Peranan ICLA bagi Pengembangan Produk Mobil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: