Kuliah Bertamu di PT Darya Varia Laboratoria


Rabu, 16 Mei 2012 saya bersama teman-teman Sains dan Teknologi  Farmasi angkatan 2008 berkesempatan mengunjungi salah satu perusahaan besar dalam dunia farmasi, khususnya yang berbasis bahan alam. Kuliah lapangan yang saya sebut kuliah bertamu ini merupakan ekstensi dari kuliah Teknologi Bahan Alam. Dua buah bis disediakan untuk membawa sekitar 105 mahasiswa dan 3 dosen pembimbing menuju daerah Gunung Putri, Bogor, dimana PT Darya Varia Laboratoria berada. Mungkin beberapa orang masih cukup asing dengan perusahaan ini tapi saya yakin kita sebagian besar dari kita gak asing dengan produk-produk seperti Natur-E, obat batuk Vicks, Pharmaton Formula, dan Rohto yang merupakan barang produksi PT Darya Varia Laboratoria ini.

Tiba di PT Darya Varia Laboratoria kami disuguhi makanan ringan terlebih dahulu sebelum diberikan kuliah umum tentang perusahaan dan aktivitasnya. Disini kami dijelaskan bagaimana proses perkembangan perusahaan ini yang merupakan rintisan orang ITB dari skala lab riset sampai sebesar sekarang dan merupakan salah satu perusahaan terbesar Indonesia yang bergerak dibidang bahan alam. Selain itu kami juga dijelaskan tentang produksi dari produk-produk yang dihasilkan, dimana andalan mereka adalah kapsul soft gel. Perusahaan yang memperkerjakan sekitar 600 karyawan ini tidak hanya memasok untuk kebutuhan pasar nasional tapi juga pasar internasional dengan porsi terbesar adalah tujuan Filipina, dimana perusahaan ini tergabung dalam group laboratorium disana.

Selain ada pengarahan dari PT Darya Varia Laboratoria, ada juga pengarahan dari PT Phytchemindo. perusahaan ini juga bergerak didalam bahan alam dimana PT Phytchemindo menjadi suplier bahan baku untuk PT Darya Varia Laboratoria berupa ekstrak bahan alam. Ekstrak yang dihasilkan pun telah terstandardisasi sehingga diakui kualitasnya. Perusahaan ini mengembangkan lebih dari 30 tanaman untuk distandarsisasi dengan menggunakan marker tanaman yang mereka dapatkan dari Amerika Serikat. Perusahaan ini tak fokus dalam bentuk produk dan lebih ke penyediaan bahan baku sehingga tak ada produk yang mungkin dikenal masayarakat luas.

Tak puas hanya memberikan penjelasan dengan kata-kata, kami diajak berkeliling perusahaan yang dipandu orang-orang yang ahli dibidangnya. Kami dibagi menjadi 4 kelompok, dimana kelompok saya memulai menelusuri bagian produk umum farmasi yang didominasi produk liqiud. Kami melihat ruangan dan alat mulai dari bahan baku ditimbang, dicek ulang, diproduksi dan diolah, sampai jadi barang yang kita jumpai dipasaran. Setelah itu kami melihat proses pengemasan soft gel capsule untuk siap dipasarkan. sebelum kami diperlihatkan bagaimana kapsule itu dibuat dengan segala prosesnya yang cukup panjang. Selain itu kami juga melihat ruangan pengujan mutu yang berada dilantai dua.

Setelah istirahat dan makan siang, kami kemudian diajak diskusi dan kali ini langsung bersama direktur perusahaannya langsung yang kebetulan juga alumni Farmasi ITB. Banyak juga temen-temen yang bertanya kepada beliau, mulai alasan fokus ke soft gel capsule, pengadaan bahan baku, strategi bisnis, proses pengembangan produk, perekrutan karyawan, sampai kesediaan mereka memberikan kesempatan magang bagi mahasiswa farmasi ITB dalam mengisi liburan.

Kegiatan kunjungan ke pabrik obat seperti ini adalah pengalaman pertama buat saya, dimana saya tak ikut magang dalam kesempatan sebelumnya seperti yang kebanyakan teman-teman saya lakukan. Disini saya melihat dengan jelas gambaran lingkungan yang nantinya akan saya geluti. Jujur, saya masih belum sreg dengan melihat kegiatan yang ada dibagian produksi apalagi dengan aktivitas yang menurut saya cukup membosankan. Itu kesan yang saya dapat dengan melihat keheningan para karyawan diantara berisiknya suara mesin. Mungkin secara sifat itu sangatlah cocok dengan karakter saya, tapi jiwa ini sampai sekarang masih menolaknya. Sampai saat ini saya maencoba membidik dunia pemasaran untuk lingkungan yang saya akan geluti. Namun saya masih akan berkeliaran didunia industri karena itu cita-cita saya dan mudah-mudahan saya akan menemukan kenyamanan disana dengan berusaha memahami dunia-dunia itu sebelum saya memasukinya secara nyata.

Demikian ringkasan perjalanan saya bersama teman-teman 2008 yang tentu saja dibarengi dengan penuh keceriaan, dari mula canda tawa, ngobrol bareng, foto-foto, sampai bekerja sama dan membantu orang lain beserta inisiatif. Poin terakhir ini berkaitan dengan saya dengan dua orang teman saya, Aldy dan Billy yang duduk dibelakang, bersebelahan dengan makanan, dimana kami harus membagikannya. Walaupun saya sendiri gak terlalu membantu banyak.

Terima kasih teman-teman atas keceriannya,
Terima kasih pak sopir atas perjalanannya,
Terima kasih para dosen pendamping (pak Krasno, bu Irda, dan bu Ani) atas kesediaannya mensponsori kegiatan ini,
Terima kasih jajaran PT Darya Varia Laboratoria dan PT Phytochemindo atas ilmunya.

About Asyhar


2 responses to “Kuliah Bertamu di PT Darya Varia Laboratoria

Tinggalkan Balasan

