Kuliah Apoteker – Angkatan Oktober 2012


 
Hari ini aku kembali ke dunia ladang keilmuan
Kembali dengan suasana yang berbeda
Kembali dengan mimpi yang lebih tinggi
Kembali untuk capaian ekspetasi yang tertunda

Senin, 8 Oktober 2012 adalah hari pertama kuliah apoteker buat saya dan teman-teman saya, walaupun saya dan beberapa teman masih belum di wisuda. Mungkin bagi saya dan beberapa teman saya yang belum sempat ‘istirahat’ tak merasa perlu lagi beradaptasi dengan dunia kuliah atau lebih parahnya akan jenuh (tapi saya rasa tidak kalaumereka berani mengambil keputusan ini). Di hari pertama kuliah ini saya bertemu dengan teman-teman baru karena gak semua berasal dari angkatan yang sama dan asal institusi yang sama juga.

Kenapa saya masih mau meneruskan kuliah apoteker? Padahal selama 4 tahun kuliah ‘hujatan-hujatan’ terhadap jurusan yang satu ini sudah tak asing lagi, bahkan kadang ikut menghujat. Ini kembali ke tujuan awal saya kuliah. Saya merasa semua masih sejalan dengan cita-cita saya untuk kuliah dalam mencapai sebuah tujuan atau target. Hal ini juga diingatkan lagi lewat mimpi, tepat pada malam sebelum kuliah. Pada intinya untuk mencapai sebuah target tidak harus melewati jalan puncaknya saja, ada jalan samping untuk mencapai target tersebut. Kita tak boleh takut dan ragu dengan jalan samping yang bisa jadi alternatif. Hal yang terpenting adalah ketika kita melewati sebuah jalan untuk mencapai sebuah tujuan, kita harus punya teman dan sahabat. Teman dan sahabat adalah faktor penting dalam perjalanan mencapai sebuah target.

Berbicara masalah sebuah target, tentunya saya punya target yang baru untuk kuliah profesi ini. Mungkin banyak tujuan ketika saya kuliah sarjana selama 4 tahun terakhir tanpa ada prioritas utama yang jelas. Mungkin untuk kuliah profesi ini saya harus lebih menekankan ke arah keilmuan dan lebih spesifiknya tentunya ke arah profesi yang nanti akan saya jalani. Saya rasa saya sudah cukup makan asam garam tentang kegiatan kepemimpinan selama belajar di tingkat sarjana, baik dalam organisasi kampus maupun non kampus. Ya, saya harus ambil keputusan untuk mencapai sebuah ekspetasi yang tertunda. Sebuah ekspetasi yang harus saya kejar dalam setahun ke depan menjalani perkuliahan apoteker. Sebuah ekspetasi yang harus dibarengi dengan effort yang berbeda dan terbarukan. Semangat itu ada karena hasil harus ada!

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

