Uji Kesesuaian Sistem


Uji kesesuaian sistem merupakan salah satu hal yang penting untuk meamstikan suatu sistem berjalan dengan baik dan benar. Uji keseuaian sistem berbeda dengan validasi dimana validasi berkaitan dengan metode modifikasi atau metode baru sedangkan uji kesesuaian sistem berkaitan dengan metode yang sudah ada. Jadi uji kesesuaian sistem bertujuan untuk memeriksa suatu sistem yang akan dipakai. Dalam penentuan uji kesesuaian sistem maka dilakukan penentuan berikut ini:

Blangko Analisis

Blangko analisis adalah semua pereaksi atau pelarut yang digunakan dalam analisis tanpa adanya analit. Blangko analisis harus mencerminkan semua operasi yang melibatkan analit tersebut di dalam sampel yang sebenarnya sebagai subjek. Kegunaan blangko salah satunya adalah dalam pemeriksaan gangguan kromatografi.

Kalibrasi

Kalibrasi metode meliputi perbandingan nilai atau parameter tertentu yang diukur oleh sistem di bawah kondisi yang ditetapkan secara ketat dengan nilai standar yang telah ditentukan sebelumnya. Contohnya adalah kalibrasi skala panjang gelombang dan absorbans spektrofotometer UV-Vis dan pembuatan kurva kalibrasi kromatografi.

Batas Deteksi

Batas deteksi adalah jumlah terkecil suatu analit yang dapat dideteksi dengan menggunakan suatu metode yang telah ditentukan. Batas deteksi secara resmi dinyatakan sebagai:

x-xB = 3SB

        x = sinyal dari sampel

        x= sinyal dari blangko

        SB = simpangan baku blangko

 Batas Kuantifikasi

Dalam pemisahan kromatografi, umumnya terdapat pembacaan latar belakang konstan yang disebut garis dasar (baseline) sehingga batas dekteksi dari analit tersebut harus memberikan sinyal lebih besar daripada tiga kali simpangan baku garis dasar kromatografi dalam rentang waktu 0,5 menit sebelum dan sesudah puncak.

Batas kuantifikasi didefinisikan sebagai jumlah analit terkecil yang dapat dikuantifikasi secara terandalkan (presisi), yaitu dengan SBR untuk pengukuran berulang sebesar <+- 20%. Batas kuantifikasi didefinisikan sebagai: x-xB = 3Sdimana analit harus menghasilkan puncak >10x SBR selama analisis kromatografi.

Linearitas

Kebanyakan metode analisis didasarkan pada proses yang menghasilkan suatu respon yang linear dan yang responnya menurun atau meningkat secara linear sebanding dengan konsentrasi analit. Persamaan garis lurus yang dihasilkan: y= a + bx.

Rentang

Istilah ini menunjukkan interval antara konsentrasi atas dan konsentrasi bawah suatu analit yang tingkat presisi dan akurasinya telah ditetapkan dan diterima.

Robutsness

Robustness dievaluasi untuk menentukan seberapa resisten presisi dan akurasi suatu penentapan kadar terhadap variasi yang sedikit dalam metode tersebut. Parameter yang dinilai untuk menentukan robustness suatu metode mencakup stabilitas larutan analisis, lamanya waktu ekstraksi, efek variasi pH pada fase gerak HPLC, efek variasi yang sedikit pada komposisi fase gerak, efek perubahan kolom kromatografi, efek suhu dan laju aliran selama kromatografi.

Selektivitas

Merupakan ukuran seberapa mampu metode analisis mengukur analit saja dengan keberadaan senyawa-senyawa lain yang tekandung di dalam sampel. Metode analisis yang paling selektif melibatkan pemisahan secara kromatografi.

Kepekaan

Kepekaan metode menunjukkan seberapa responsif metode tersebut terhadap sedikit perubahan dalam konsentrasi suatu analit. Kepekaan dapat dilihat sebagai kemiringan suatu kurva. Kepekaan berbeda dengan batas deteksi. Batas deteksi merupakan gabungan antara rentang dan kepekaan.

Penimbangan Berdasarkan Perbedaan

Penimbangan berdasarkan perbedaan digunakan untuk meminimalkan kesalahan penimbangan dalam prosedur analisis.

About Asyhar


2 responses to “Uji Kesesuaian Sistem

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: