Cakung-Cisitu : Pengalaman dan Peringatan


Minggu, 28 Oktober 2012 saya melakukan kenekatan dengan bolak-balik Bandung-Jakarta dalam sehari. Sekira pukul 8 pagi saya bersiap untuk ke terminal Leuwipanjang mencari bis untuk menuju Pulogadung. Berangkat sekira pukul 09.30 WIB saya sampai di Pulogadung pukul 12.30 WIB. Sembari menunggu jemputan saya mengira-ngira jalan yang akan saya lalui nantinya. Setelah jemputan datang, saya langsung cabut cari makan, ke kosan adik, dan sholat sembari istirahat sejenak. Sekira jam 14.00 WIB saya langsung pulang menuju Bandung dengan menggunakan motor. Ini adalah pengalaman pertama saya naik motor dengan perjalanan terjauh dan gak tahu jalan sama sekali. Semua ini bermodalkan nekat belaka.

Saya memang gak dilepas langsung dari daerah Cakung, Jakarta Timur, tapi saya diantar menembus kota Bekasi. Setelah itu saya berjalan sendiri berteman motor. Apalagi saya sudah lama gak naik motor sehingga pada awalnya agak sedikit kagok dan terkesan kurang lancar. Saya hanya berani narik gas sampai kecepatan 110 km/jam, dimana pada kecepatan itu saya sudah merasa tak stabil. Kecepatan itu juga hanya saya beranikan ketika jalan lurus dan lumayan sepi bis dan truk.

Saya terus menyusuri jalan yang begitu terasa panjang dan tanpa ujung. Kemudian saya agak memelankan perjalanan sambil menilik sekeliling jalan mencari petunjuk daerah dan ternyata saya kesasar. Seharusnya saya sudah belok dari 30 menit yang lalu dan tidak melakukan perjalanan sampai daerah Subang karena saya harus ke arah Purwakarta. Bisa dibilang saya buang waktu sekitar 1 jam karena kesasar. Setelah putar arah saya kembali ke jalur yang benar untuk menuju daerah Purwakarta.

Dalam perjalanan hati saya bergejolak antara berhenti untuk sholat dan tidak karena celanapun sudah kena cipratan air dijalanan yang kemungkinan besar mengandung najis. Saya sadar bahwa seharusnya saya harus berhenti tapi keadaan mengombang-ambingkan saya dimana hari sudah akan mulai gelap. Kebimbangan itu terus terjaga sampai kejadian nahas menimpa saya. Saya kelebihan narik gas saat tikungan cukup tajam. Akibatnya saya sudah tak bisa membelokkan motor yang sudah keblabasan sampai akhirnya saya dan motor saya sudah seperti adegan motor GP saat jatuh. Saya terdampar ke kerikil-kerikil dipinggir jalan sedangkan motor saya masuk ke selokan yang cukup dalam. Beruntung adalah posisi jatuh saya yang gak kehantam motor. Luka dan lecet kaki adalah hadiah yang harus saya tanggung. Motor bisa dibilang rusak cukup parah tapi alhamdulillah masih bisa dipakai untuk melanjutkan perjalanan walaupun agak terhambat karena stang sudah tak lurus lagi. Ini juga berpengaruh terhadap laju motor yang melambat. Saya gak berani memacu gas diatas 60 km/jam selain kondisi motor yang gak memungkinkan, saya juga harus menahan rasa sakit di kaki kanan.

Akhirnya saya menembus Cimahi untuk memasuki kota Bandung. Seharusnya saya sampai Cisitu sekira jam 18.00 WIB tapi berhubung dengan nyasar dan kecelakaan tersebut saya baru sampai kosan sekira jam 19.00 WIB. Sampai kosan saya langusng memasukkan motor ke kandang, bebersih badan dan menemukan beberapa luka di kaki dan tangan yang tak saya sadari sebelumnya. Saya menyempatkan mencari makan sebelum tidur.

Kejadian hari ini memang sengaja tak saya ceritakan kepada orang tua dan teman-teman satu kosan. Mungkin hanya pengguna sosial media yang peka yang tahu apa yang saya alami. Saya tak ingin mereka terlalu tahu walaupun kadang saya ingin merasa mereka tahu. Ini adalah kebiasaan saya, sesuatu yang masih bisa saya tangani gak harus diketahui orang lain. Sampai akhirnya keesokan harinya saya membawa motor ke bengkel terdekat. Abang bengkel bilang rusaknya cukup parah dan agak ‘heran’ saya gak mengalami luka serius. Saya hanya bisa kembali bersyukur sembari mencoba berpesan diri untuk lebih peka terhadap petunjuk Alloh.

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

