Minggu Pertama Ujian dalam PSPA Apoteker dan Keajaiban Do’a


Minggu pertama ujian dalam pendidikan profesi telah lewat. Banyak hal yang bisa saya ambil pelajarannya, terutama adalah keajaiban Tuhan atas do’a makhluk-Nya. Sebelum memasuki minggu ujian saya tak lupa meminta do’a restu kepada orang tua. Ternyata ada sestautu yang berbeda yang saya alami dalam minggu pertama ini. Mungkin memang saya masih tergolong kelompok bawah untuk kelompok orang-orang yang dianggap sukses ujian. Namun setidaknya pada minggu pertama ini hampir selalu ada perasaan lega setelah ujian, terlepas dari apa yang saya kerjakan benar atau tidak.

Perasaan lega setelah mengerjakan ujian ini berbanding terbalik dengan proses belajar yang saya lakukan. Belajar bagi saya adalah pernah baca materi sebelum ujian walaupun sekedar seperti membaca koran dan belajar secara kutu loncat. Belajar masih seperti jaman pendidikan sarjana, dimana hanya semalam atau sepagi. Namun saya merasa selalu saja ada keajaiban yang Tuhan berikan. Ujian hari pertama yang dianggap hapalan mati tiba-tiba hanya berupa soal yang bisa dijawab dengan nalar. Ujian hari kedua yang materinya rumit serumit perundang-undangan di Indonesia tiba-tiba ada soal pilihan gandanya. Belum lagi ujian yang bisa dibilang gak belajar tiba-tiba open book, walaupun saya gak selesai mengerjakan semua soal. Adapun hari ketika yang baru selesai baca (sekedar baca) setengah jam menjelang ujian masih bisa menjawab dengan sedikit nalar dan petunjuk yang Tuhan berikan. Bagi saya bisa menjawab soal ujian itu merupakan suatu nikamt yang luar biasa. Hal ini karena selama pendidikan sarjana, hampir setiap ujian berasa gak bisa jawab.

Do’a itu luar biasa, apalagi do’a orang tua kita. Jangan pernah lupa untuk minta do’a orang tua untuk setiap apa yang kita kerjakan. Namun tentunya kita juga harus membarenginya dengan meningkatkan usaha kita. Saya selalu berusaha meningkatkan setiap usaha, terutama untuk mencoba belajar lebih konsisten lagi dan mempersiapkannya lebih baik di minggu kedua nanti. Mudah-mudah Tuhan tetap memberikan kepercayaan terhadap saya dan saya bisa menjaga diri.

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

