Kemana Perginya Sarjana Farmasi dan Apoteker Indonesia?


Farmasi bukanlah jurusan yang asing di negara ini. Banyak universitas yang menyediakan jurusan ini, bahkan banyak juga perguruan tinggi khusus farmasi bertajuk sekolah tinggi. Ribuan mahasiswa diresmikan tiap tahunnya dari berbagai universitas. Begitu juga dengan pendidikan profesi apoteker sebagia tingkat lanjut dari pendidikan sarjana farmasi. Begitu banyak pula tersebar di negeri ini. Sebagai contoh tiap tahun almamater saya menerima calon dan meresmikan apoteker dengan jumlah diatas 100 orang. Namun apa yang terjadi di masyarakat, secara umum apoteker begitu asing terdengar baik peran maupun keberadaannya. Lalu kemana perginya para sarjana farmasi dan para apoteker itu?

Kebanyakan mahasiswa sarjana farmasi dan mahasiswa apoteker adalah cewek, bahkan bisa dengan perbandingan 3:1 (atau bahkan lebih) untuk cewek:cowok. Kita tahu bersama bahwa tak sedikit cewek yang menggantungkan nasibnya pada cowoknya (suami) ketika sudah menikah. Hal ini dalam artian cewek akan rela melepas segala keilmuaannya yang telah didapat, dimana seolah-olah mereka mencari kuliah untuk jaga-jaga. Dengan jurusan farmasi yang didominasi cewek bukan hal mustahil lulusannya berkurang drastis dalam kenyataan di dunia kerja.

Jurusan farmasi terkadang masih jadi pilihan kedua. Dari beberapa teman saya, banyak yang pilihan pertama mereka adalah jurusan lain, ada yang kedokteran, FTI, maupun STEI. Ada juga yang meletakkan farmasi sebagai pilihan pertama hanya sebagai coba-coba karena mereka yakin hanya akan tembus ke pilihan kedua. Alhasil ini akan berefek pada keseriusan belajar dalam menekuni dunia farmasi dan semakin ogah-ogahan untuk melanjutkan ke tahap profesi apoteker maupun kerja di dunia farmasi.

Berbicara tentang industri farmasi kita gak akan ketinggalan topik untuk dibicarakan. Dunia obat semakin berkembang dengan semakin besar tingkat kepedulian masyarakat akan kesehatan. namun ketika kita melihat peran sarjana farmasi ataupun apoteker masih bisa dikesampingkan. Banyak sekali lahan kerja yang diambil tetangga profesi lain. Mungkin dulu lebih dikarenakan tak adanya perundangan yang mengatur tapi ketika sekarang sudah didukung perundangan yang cukup kuat seolah-olah kita yang dianggap akan merebut lahan mereka. Hal ini kadang membuat para sarjana farmasi ataupun para apoteker putar arah ke bidang lain.

Ketika kita kuliah tentunya tidak lepas dari alasan untuk cari pekerjaan guna biaya hidup alias mencari uang. Celakanya profesi apoteker atau sarjana farmasi dirasa belum merasa dihargai dengan gaji yang bersaing dengan profesi lain. Kuliah 4 tahun untuk sarjana farmasi dan 1 tahun pendidikan profesi apoteker dirasa gak sebanding dengan gaji yang didapat bagi sebagian orang. Dengan kondisi seperti ini, tak heran jika banya sarjana farmasi mengalihkan dunia mereka ke bidang lain yang lebih menjanjikan. Tentunya mereka juga akan pikir-pikir ulang melanjutkan ke program pendidikan apoteker. Lebih celakanya lagi yang sudah mengambil pendidikan profesi apoteker juga banyak berpaling baik dengan alasan gaji maupun alasan lain yang telah saya uraikan sebelumnya.

Lalu harus bagaimana? Saya pribadi mungkin tidak bisa memberikan solusi yang konkrit untuk perubahan yang bisa terasa dengan cepat. Yang bisa saya lakukan adalah berintropeksi diri dengan meneguhkan keyakinan saya untuk tetap berkarya di dunia farmasi. Alhamdulillah saya masih memegah teguh alasan saya masuk jurusan farmasi. Saya bisa mengenal lebih dekat indusri farmasi melalui PKPA Industri program pendidikan profesi apoteker dan saya masih berkeinginan kuat terjuan disana dengan segala hiruk pikuknya. Hal lain yang bisa saya lakukan adalah mengajak teman-teman seprofesi untuk tetap teguh menjalankan keilmuannya dibidang farmasi baik melalui tulisan ini maupun ketika bertemu dan ngobrol bareng membuka mata terkait realita yang ada. Yang bisa mengubah keadaan ini adalah kita sendiri sebagai mahasiswa, baik sarjana farmasi maupun apoteker karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan menentukan nasib kita. Mimpi lain saya dalah membentuk aliansi bersama rekan seprofesi (mungkin dari satu angkatan almamater) untuk mengelola apotek yang ideal, terutama dalam hal pelayanan sehingga masyarakat lebih mengenal apoteker dan menyadari kebutuhan mereka akan para apoteker.

About Asyhar


99 responses to “Kemana Perginya Sarjana Farmasi dan Apoteker Indonesia?

  • ary

    wah ngga sengaja kesasar disini, punya temen sejawat ternyata. hehe.
    salam kenal asyhar :p
    brati kalo lo punya istri bakal rela istri lo kerja sesuai dengan profesinya kah?
    saya sebisa mungkin juga ngga akan meninggalkan keilmuan saya sekalipun jadi ibu rumah tangga nanti. semoga ilmu kita nambah terus. aamiin.
    thanks friend😀

  • RDL

    Searching2 tentang farmasi,tiba2 nyasar kesini hehehehh
    salam kenal ya kak,aku tertarik banget sama farmasi….
    InsyaAllah ntar kalo bisa kesampaian di profesi ini gak akan pergi hehehhe😀

    • Asyhar

      salam kenal juga ya…
      alhamdulillah, semoga kita bisa menghargai proses pembelajaran yang telah kita lalui dan semoga dunia farmasi di Indonesia semakin maju, aamiin…

  • ajinurakbar

    Terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat.

  • icang khairani

    saya mau mnta rekmndsi dojg, univ. ngra mana yg bgus utk frmsi ?

    • Asyhar

      kalo denger temen2 ataupun dosen saya sih kebanyakan mereka milih jerman/jepang kalo mau fokus ke sains dan teknologi, kalo mau fokus klinik bisa pilih amerika
      mudah2an bisa menjawab

  • zoldyck

    Kereeen nih…. Lebih membuka pikiran saya ….

  • Sakazuki

    ada yang bilang profesi apoteker bisa d ganti dokter ??? bego banget
    sebenarnya apa sih beda dokter ama apoteker ??
    sama2 praktisi kesehatan, jasnya aja sama, bedanya kalau dokter lebih mendalam mempelajari patologi fisiologi penyakit dan anatomi, kalau apoteker lebih mendalam mempelajari obat dan kimia.
    apoteker itu ahli obat ! jangan salah…
    pendidikan apoteker minimal 5 tahun ! di INDONESIA ! di barat bisa 6-8 tahun minimal.
    ahli kimia lebih pintar tentang mekanisme reaksi.. tp apa mereka tahu efek dari zat zat kimia itu jika ada d dalam tubuh ????
    apoteker itu ga cuma di indonesia coy… dan CUMA DI INDONESIA saja yg tidak menghargai profesi ini! tahu kenapa ?
    karena apotekernya cuma sembunyi di balik layar. di instalasi farmasi dan ruang apoteker!
    apoteker bisa mengobati orang asal diagnosanya sudah ditegakkan . karena kita mempelajari farmakokinetik farmakodinamik farmakologi dan farmakoterapy !
    kita bisa memilihkan OBAT YANG TERBAIK
    dibandingkan dokter! maaf bukannya meremehkan dokter, tapi emang KOMPETENSI masing2 praktisi kesehatan itu berbeda2 kan..?!
    sekarang, BIDAN, kenapa bidan masih laku masih eksis padahal sudah ada DOKTER SP KANDUNGAN ??? harusnya kita pikirkan itu baik2

  • Sangapan Alfred

    salam kenal, aku lg bingung milih jurusan sekarang di sbmptn, kalau yg snmnptn aku pilih, agroekoteknologi, dan pil 2 farmasi, tah kenapa aku milih farmasi, tah terobsesi, tah menghindari fisika, walupun fisikanya ada dikit di farmasi. tapi kata org2 farmasi bisa buat org mandul, dan terkontaminasi zat kimia, nah itu yang saya takutkan.

    • Asyhar

      resiko itu pasti ada, tapi itu udah ada standar berlaboratorium yag baik…
      kalo ngikutin ketentuan yang ada, pasti aman kok…
      orang farmasi bakal lebih tau obat dan bahan2 berbahaya, jadi mereka bakal lebih tau cara penanganan dan pemanfaatannya…

  • hertia

    dokter it ahli penyakit, sdangkan apoteker adlh ahli pengobatan.. maka berbanggalah😀

  • annisa nihaya

    mas asyhar kuliah farmasi di univ mana?🙂

  • Mar'atus S.

    Assalamu’alaikum. salam kenal ka…
    Saya bingung nih ka, awalnya saya minat banget same Teknik Kimia, tapi saya jadi agak ragu dengan prospek kerjanya(terlalu dominan ke cowok), efek negatifnya(mandul), dll. Karena saya suka banget sama kimia, jadi saya cari info tentang dunia farmasi. Menurut kk gimana?

    • Asyhar

      wa’alaikumsalam, salam kenal juga ya…
      tiap bidang kerja punya kelebihan & kekurangan masing-masing, bahaya itu pasti ada tapi semua pasti jg punya standar keselamatan kerja masing-masing. ketika starndar kerja itu diikuti, insyaalloh ttp aman
      salah satu basic ilmunya memang farmasi, jd bisa jg jadi pilihan
      untuk pilihan, kembali lagi ke passion kuliah kamu apa? ketika dengan memilih farmasi bisa terjawab, maka farmasi bisa jadi pilihan alternatif kamu

  • idaf

    kak, saya juga pilih farmasi karna ingin ngambil kimianya, terus ketika di tanya sama orang2 kenapa ga sekalian dokter?, sya jadi agak ragu lagi kak gimana cara ngatasinnya kaa? makasih

    • Asyhar

      sebenarnya kalo alasan kimia gak nyambung ke dokter krn dokter menurut saya lebih ke biologinya
      kalo bicara keraguan ya kembalikan lg ke diri kamu sendiri, tujuan kamu kuliah itu apa? kalo dg farmasi tujuannya udah terjawab dan sampai sekarang kuliahnya masih nyaman ya terusin aja kuliah farmasinya…
      cobaan dan keraguan itu emang pinter ngeracunin kita, tapi kita jg harus punya pendirian dan prinsip awal yang harus terus kita pertahankan semampu kita

  • permadanicandra

    Assalamu’alikum mas..
    Sya masih SMA kelas 3, lumayan minat ke farmasi karena minimal nantinya saya tahu obat apa yg bener buat ngobatin sya sendiri yg suka sakit2an, tp kya yg mas tulis kalau kuliah ngga lepas juga buat nyari pekerjaan nantinya, dan hal itu yang masih saya risaukan. Orang tua sya bukan orang berada , dan mereka lebih menyarankan saya ke kebidanan atau keperawatan saja , lebih mudah lpangan kerjanya katanya..
    Dan yg ingin sya tanyakan, apakah apoteker dipekerjakan di setiap rumah sakit? Atau hanya rumah sakit tertentu saja ?

    • Asyhar

      Wa’alaikumsalam…
      orang tua saya dulu jg nyaranin untuk kuliah dg jurusan yang berkaitan dengan kesehatan krn yg namanya dunia kesehatan pasti tak akan pernah mati
      jadi saya rasa baik kebidanan, keperawatan atau farmasi sama2 gak akan susah nyari kerja, jadi tinggal milih yang pas sama minat dan kemampuan
      apoteker itu pastinya dipekerjakan di setiap rumah sakit karena yg bertanggung jawab terhadap pengendalian obat2an di rs haruslah seorang apoteker

  • uzi

    bang guekan lulusan smk farmasi di bandung dan mau lanjut k s1 tapi gue pengen kuliah di univ yang murah dan ada kelas karyawan bang, trus pas gue tanya tanya ke bberapa univ di bandung, ternyata farmasi mahal mahal bang, dan jarang yg ada kelas karyawannya, nah gue mau ngejar cita cita gue ini gimana bang, secara univ farmasi rata rata mahal, dan tidak memiliki kelas karyawan.

    • Asyhar

      iya emang jarang yg buka kelas karyawan, untuk daerah bandung coba cek STFB deh, kayaknya disana buka kelas karyawan…
      kalo mahal ya memang relatif mahal sih, mungkin sembari bisa cari beasiswa…
      kenapa gak pilih negeri aja, mungkin lebih enak cari beasiswanya…
      kalo masih mau sembari kerja ya paling kerja weekend atau shift malem

  • adith

    Salam kenal bang..
    Kbtulan sy nyasar ksini, sy msi bngung nh antara msk teknik kimia atau farmasi.. Mau tany bang, prospek krja seorang lulusan farmasi bgs ga? Sma emg gaji lulusan farmasi kecil ya? *kalo tau skitar brapa gajinya..

    • Asyhar

      salam kenal jg…
      kalo prospek sy rasa bagus-bagus aja karena kerja itu jg tergantung kualitas kita sendiri…
      kalo gaji relatif ya, tergantung kerja dimana…
      sejauh ini kalo kerja di sektor industri gajinya lebih menjanjikan dibandingkan sektor klinis…
      biasanya gaji diindustri kisaran 1,5-2 x UMR

  • Ruri Ihdina K

    kakak ijin share yaa.. biar makin banyak yang kebuka hati nuraninya untuk tetap berjuang di dunia farmasi.. saya mahasiswi farmasi semester 3 yang Alhamdulillah masih bersemangat meskipun setiap harinya dikejar laporan, praktikum, tugas, makalah, jurnal dan kain sebagainya itu.. belajar di farmasi.. rasanya setiap hari otak selalu diasah.. jadi makin tanggap untuk berfikir cepat., makasih kak..

  • Supporting

    tuk kawan farmasi n apoteker, harus pinter2 cari peluang. banyak kok yg bisa digali. dulu masih di lab, ane gak kepikiran ni alat (instrument) apaan. eh gak taunya bisa jadi pluang jd supplier-nya. tau gak hrga instrumennya berapa : 1m bro. tu baru 1 alat, alat namanya GC, ada kawan seneng maen2 simplisia, eh skrng produksi herbal. yg suka maenin mencit-skrng punya peternakan kambing-daging n susunya bisa dijual. yg seneng cari kerja ya cari kerja paling di QA/QC-apoteker pengelola gajinya dah ketauan deh. prospek lainnya selain yg disebut diatas : Konsultan Laboratorium, bikin laboratorium service,

  • arsy

    Assalamualaikum kak, saya ingin tanya; apakah rumah sakit atau apotik bisa menerima sistem part time atau weekend gitu kak? Soalnya saya berencana u/ mengambil PTN tetapi juga ingin tetap bekerja. Bagusnya gimana ya kak? Dibls ya kak, trims:)

    • Asyhar

      wa’alaikumsalam…
      semua masih mungkin tapi kembali lg ke kebijakan masing2 tempat kerja dan apotek lebih memungkinkan sistem kerja part time
      tapi yang perlu diperhatikan adalah manajemen waktunya harus dipertimbangkan…

  • Zayn Louis

    Assalamualaikum kak, sebelumnya terimakasih banget udh kasih semangat buat terus tetep fokus sm bidang kefarmasian yg penuh liku ini :’) hehe
    aku lulus smk farmasi dan alhamdulillah langsung dpt kerjaan di salah satu perusahaan di bidang farmasi (dari lulus sekolah sampai skrg). ini bukti loh kalo lulusan farmasi itu prospek ke depannya bagus🙂 Aamiin.
    dan sekarang insyaAllah mau lanjut kuliah dan tetep kerja. pengennya sih setelah lulus kuliah nanti bisa jadi peneliti di bidang farmasi. kakak ada info/masukan apa yg harus dilakukan nantinya biar bisa jadi peneliti? terimakasih. Wassalam;)

    • Asyhar

      wa’alaikum salam, terima kasih sudah berkunjung…
      rajin dan fokus saja dengan apa yang kamu inginkan dan kamu senangi, banyak hal yang bisa kamu gali di dunia farmasi…
      tetep semangata ya, semoga ilmu farmasinya berkah dan bermanfaat, aamiin

  • nesazahara

    assalamualaikum kak.salam kenal kak, saya sekarang kls 3 sam saya kepengen ambil jurusan farmasi. tapi saya tidak terlalu pintar kimia kalau lihat rapor nilai saya ada yang naik turun. tp saya tetap ingin jurusan farmasi dan teman2 banyak bilanng kalau farmasi bisa bikin mandul. trus gmn ngatasi nya kak apalagi lihat nilai rapor? mhn kasih solusinya ya kakk.

    • Asyhar

      wa’alaikumsalam, salam kenal balik ya…
      saya jg dulu mikirnya gitu kok, tapi tetap saja saya nekat masuk farmasi, hehe
      asal ada kemauan dan belajar giat, insyaalloh bakal sukses kuliah di farmasi…
      memang ada zat2 berbahaya pas praktikum tapi semua sudah ada standar pengamanannya, kalo ikuti aturan insyaalloh aman, kuliah farmasi gak bakal biki mandul, hehe

  • silvi

    assalamualaikum , salam kenal kaka kuliah farmasi sulit nggak sih ? sebenernya pngen banget masuk farmasi tp aku nggak pinter2 banget di kimia . kasih solusi ya kak

    • Asyhar

      wa’alaikum salam Silvi…
      sulit gak sulit itu relatif, asal kita enjoy ngejalanin kuliahnya pasti asik & seru kok, hehe…
      gak pinter2 banget itu bukan halangan, yg penting mau & siap untuk jadi pinter banget
      terus semangat ya!

  • Hendry Wiradijaya Nurjaman

    Assalamu’alaikum
    saya adalah siswa kelas 3 SMA yang rencananya akan mengambil jurusan farmasi, tetapi saya belum mengetahui pasti pekerjaan apa yang akan saya dapatkan nantinya.
    kalau gaji farmasi yang paling besar berapa ya?
    Terima kasih

    • Asyhar

      wa’alaikumsalam…
      kerjaan banyak pilihan, mau di apotek, klinik, rumah sakit, pns, dosen, industri obat, pbf, atau buka usaha lainnya. kalo kisaran gaji itu relatif tergantung kamu kerja dimana. sejauh ini kerja di industri lebih menjanjikan.

  • Mega (@Meilinda_Mega)

    Assalamualaikum..
    Salam kenal ka’..
    Sya siswi SMA kelas 3. Sdh detik2 terakhir pendaftaran snmptn tpi sya masih bingung mau ambil farmasi atau kedokteran. Pertama sya pengen bgt masuk kedokteran. Tpi sya ragu. Jdinya sya pilih farmasi krna sya jga pengen kuliah difarmasi. Akhirnya sya pilih farmasi. Tpi makin ksini sya kpikiran lgi, sya pgen masuk kedokteran. Ad osolusi tdk spya sya gk brubah fikiran dan ttp ambil farmasi🙂 mksih sbelumnya🙂

    • Asyhar

      wa’alaikumsalam…
      salam kenal balik ya, makasih udah mampir…
      kadang memilih memang jadi kesulitan tersendiri…
      ketika kamu milih farmasi tentunya kamu punya alasan kuat, coba pikirin lagi alasan itu? pastikan kamu yakin dg pilihan kamu karena itulah sumber semangat kamu buat ngejalanin kuliah
      tetep semangat ya

  • Aldrina

    Salam kenal kak.
    Kak banyak yang bilang farmasi itu harus pandai b.inggris. Tp ku gx pandai kak dalam pelajaran b.inggris, bagai mana itu kak apakah ku bisa masuk kuliah farmasi.
    Makasih

    • Asyhar

      salam kenal juga ya…
      sekarang ini gak pandai b inggris itu gak masalah. jangan jadikan itu alasan takut, kecuali kamu gak mau belajar. memang kebanyakan sumber paling update keilmuan farmasi itu b inggris, tapi semua itu bisa learning by doing. sebenarnya bukan hanya farmasi aja yang harus pandai b inggris, kalau kita mau bersaing di level atas ya kita mesti jago b inggris.
      tetep semangat buat jadi lebih baik ya

  • mega

    assalamualaikum , kak mau tanya bedanya farmasi sama profesi apoteker itu apa yaa .

    • Asyhar

      wa’alaikumsalam Mega…
      bedanya nanti di wewenang dan dan tanggung jawabnya kalo udah lulus, simpelnya kalo cuma sarjana farmasi, nama kita gak bisa dijadiin penanggung jawab jabatan tertentu, baik di apotek, rumah sakit, industri, ataupun distributor obat (pbf).

  • Gita

    Sekarang udah masa2nya milih2 jurusan di snmptn. Masih bingung milih apa kak *curhat* oh ya di jurusan farmasi kalo cuma sebatas ngabil kuliah 4 tahun dan gak ngelanjutin ke pendidikan profesinya apa gakpapa? trus gelar s.farm itu bisa kerja dimana aja kak?🙂

    • Asyhar

      wajar kok kalo bingung, mungkin dulu saya juga sama bingungnya sama kamu, hehe..
      yang penting kita berani ngambil keputusan, tentunya dengan pertimbangan yg matang.
      pada dasarnya gak masalah kalo pun gak ambil apoteker, cuma kalo menurut saya nanggung, hehe
      kalo masalah kerjaan, kebanyakan sih larinya ke industri kalo cuma s.farm atau paitnya lagi ya kerja diluar keilmuan farmasi, misalnya marketing atau kerja di bank..

  • yoga

    Pak Asyhar,

    Salam sejahtera,

    Perkenalkan saya ~yoga~. Tinggal di Malang dan pemerhati Kefarmasian Indonesia.
    Saya mohon info/data terkait dengan para lulusan farmasi di Indonesia (Drs/Dra/S.Farm serta Apt) dari periode tahun 90-an hingga saat ini.
    Bekerja atau berkiprah/berkarier kemana saja mereka? Apakah dada data resmi?
    Berapa prosentase yang bergerak sebagai wirausahaan di bidang farmasi (pharmapreneur), yang bergerak sebagai pendidik&staf peneliti, yang bergerak sebagai pekerja di industri farmasi, yang bergerak sebagai pharmacist di kilinik/rs/toko obat, serta dibidang yang lain?

    Saya tunggu kabar Pak Asyhar, ya..

    Terima kasih.

    Salams,

    yoga

    • Asyhar

      salam kenal juga pak Yoga…
      untuk dominasi kayanya masih banyak yang bekerja di industri, tapi yg minat ke arah klinis dan marketing juga makin banyak…
      biasanya tiap kampus punya profil alumni masing-masing, tapi untuk datanya seperti apa saya juga kurang paham

  • Messy

    Halo Kak, sy sedang kul S1 Farmasi nih Kak, lagi galau u/ ambil profesi apt ke farmasi klinik / farmasi industri… pertamax sih ingin ke klinik, tp kata teman n kakak sendiri di comment di industri kerjax lebih menjanjikan n gajix lebih besar, nah disitu sy jd ragu n jd ingin pilih ke Industri, gmn ya Kak solusix >< makasihh..

    • Asyhar

      halo juga, makasih sudah berkunjung…
      banyak hal yg bisa jd pertimbangan dalam memilih pekerjaan dan yg terpenting adalah kita menikmati apa yg kita kerjakan sehingga kita bisa kerja optimal, karir pun lebih terarah. kalau saya pribadi lebih milih passion sih dan pola kerja yg bakal saya jalani.
      kalo untuk ukuran milih jurusan, coba km liat lagi mata kuliah masing2 jurusan, kalo ilmu klinik sama industri sama2 dapet (walaupun beda porsi) saya rasa mending pilih sesuai minat. kalau masalah pekerjaan nanti km masih bisa coba dua-duanya, karena industri pun butuh pemikiran ‘farmasi klinis’ dalam bidang tertentu. banyak juga temen saya yg ambil klinis tp kerjanya di industri atau sebaliknya ada yg ambil industri tp kerjanya klinis.

  • siti nurjanati

    assalamu’alaikum
    ka saya mau tanya untuk sekarang ngambil jurusan farmasi di univ susah banget saya udah coba bandung jakarta tapi gak dapet. jadinya saya pilih di sekolah tinggi. itu kalau buat ambil profesi nanntinya ke univ yang bagus kira2 mudah gak yah ka?

  • nisa latifa sakti

    Kak q skrg kelas 11 smk farmasi rencana mau kerja sambil kuliah.. kiranya bs gak ya? Mengingat kuliahnya itu gak gmpang dan q jg pngen mandiri dengan bisa bekerja. Klu kuloahnya pas weekend gitu gimana ya?

  • leli

    Assalamu’alaikum kak,skrng aku kelas 10 smk farmasi,aku udah bingung buat kuliah nerusin farmasi apa apoteker,ortu nyaranin nerusin apoteker,tpi aku jga minat buat nmbah ilmu farmasi..trus kalo misal minat kuliah smbil krja bisa diterima nggak??,,kira²kalo langsung ambil jurusan apoteker,peluang krjanya bnyak nggak kak mskipun nggak ngambil S1 farmasi?..saya juga minat ke PTN,tpi bnyak yg bilang kalo anak SMK itu jarang yg diterima PTN..gimana kak solusinya?

    • Asyhar

      wa’alaikumsalam Leli…
      pertama sy mau nyamain persepsi dulu, syarat ambil profesi apoteker itu harus sarjana farmasi, jadi setelah kamu lulus SMK harus lanjut kuliah S1 baru bisa ambil kuliah profesi apoteker. Kalo km mau ambil kuliah di PTN saran sy sebisa mungkin hindari jalur snmptn tertulis krn saingan bakal lebih berat, masih bisa kerja tp gak bisa full time paling part time aja. Kuliah sambil kerja itu bisa tapi saya belum nemu ada PTN yg nerapin, palingan swasta. Apoteker itu banyak peluang kerjanya mulai dari pabrik obat, obat tradisional, makanan & minuman, kosmetik, apotek, rumah sakit, klinik, distributor, marketing, bahkan sampai konsultan. Jadi jangan khawatir kalo masalah peluang kerja. Mudah-mudahan sedikit banyak mencerahkan.

  • leli

    trus lebih mudah lewat jalur tes apa kak

    • Asyhar

      coba lewat jalur PMDK (atau apalah namanya sekarang yg mengacu nilai raport) atau ujian mandiri dari PTN terkait, tp bukan berarti SNMPTN (ujan tertulis) itu gak mungkin ya…

  • Medical002

    Sejak kapan Apoteker jasnya sama dgn Dokter, kalian Apoteker aj pakai Jas Lab, dan Dokter itu Jas Sneli…. jelas berbeda lh, dri faktor Risiko aja sudah lain, masuk Luar negeri Farmasi lbh gampang dibanding dgn Kedokteran. Byk org mendaftar 2 jurusan terkadang Kedokteran dan Farmasi, ternyata dy gk masuk Kedokteran dan masuk Farmasi karena nilai gk mencukupi, sdh tau masuk Kedokteran itu Susah, keluar jga Susah, Keseriusan 100% Max….. Untuk knp ada persamaan, sebenarnya iya tpi jelas ada bedanya… Anda harus membaca Sejarah terlebih dahulu, di Sejarah Kedokteran, karena semua ilmu kesehatan bermula dari Seorang Dokter…. Kalian terbatas meracik obat, sedangkan Dokter susah bgt udh Obat Juga, Penyakit, dan Bedah lbh teliti setelitinya, ini mrp tersusah dan tersusah, karena mmg seorang Dokter adalah Pemimpin dalam Dunia Kesehatan… Dan jga Yg bantu Dokter Banyak, tak mungkin kita sendiri saja, salah satunya Apoteker ini, nama kalian jga mrp dikarang oleh seorang Dokter… hingga mirip tpi tak sama Dokter dan Apoteker… Ibarat Dalam Dunia Penerbangan Pilot tak bsa tanpa Ko Pilot… nh Ko Pilot ibarat dalam Dunia Kesehatan dsni adalah seorang Apoteker…. JELAS ??? Silahkan baca Sejarah yh… Malu soalnya berkoar2 tpi sekalinya oh bgtu….

  • dani

    kalo gak nerusin ke profesi apoteker , apakah lulusan farmasi sudah bisa kerja ?

  • Darmayanti

    Halo teman sejawat…. sy jg seorang istri dan alhamdulillah tetap seorang apoteker lho….. 😊

  • Ulfatun Nabila

    hii kak ,, aku masih kelas 11 SMA aku mau tanya nih.
    kira-kira kalo aku gak terlalu menguasai fisika itu bisa bikin kita kesulitan gak ya kak kalo mau ambil jurusan farmasi ? terus kalo farmasi herbal itu baru ada di UI aja atau udah di seluruh universitas di indonesia ? makasih

    • Asyhar

      hai juga Ulfa…
      menurut saya ngaak akan jd masalah, bahkan salah satu alasan saya ambil farmasi jg karena ngerasa gak bisa Fisika, bahkan di SNMPTN sy juga cuma jawab 3 soal, hehe
      saya rasa setiap universitas punya arah ke farmasi herbal walaupun gak semua jd jurusan tp bisa jd fokus penelitian kita, info terakhir yg saya tau malah hanya di UGM yg sudah jd jurusan khusus

  • hasnaathu

    Salam kenal kaa, aku rencananya mau ambil snmptn ke farmasi unpad. Yang aku mau tanya nih ka, kalau S1 farmasi itu farmasi secara umum atau udah menjurus ke farmasi klinis/ industri?
    Terus ka maaf nih nanya hal pribadi, sekarang kaka sudah kerja kah? Kalau sudah kaka kerja dimana? Makasih kaaa

    • Asyhar

      salam kenal juga hasna….
      untuk penjurusan balik lagi ke kebijakan kampus masing-masing, di Unpad setau saya dijurusin kalo udah tingkat 3, jadi lebih ke arah penelitiannya , coba cek aja di website resminya…
      alhamdulillah gak terlalu kesulitan cari kerja, kalo sekarang kerja di indsutri farmasi yg produksi couterpain & tempra syrup…

  • fahmi

    salam kenal kak . saya punya pertanyaan
    1.apakah kakak punya gelar profesi apoteker ?
    2. kalo lulusan s1 farmasi tapi gak punya gelar profesi apoteker apa bisa kerja di apotek/jadi apoteker ?

  • Febri

    Assalamu’alaikum kaa….
    Salam kenal ka..
    Denger2 kaka alumni ITB kan? skrng kaka krja dmna, bdg klinis/industri ?
    Ohya, dulunya kaka ambil stf/fkk ? sf itb itu gmna si ka?
    Doain juga ya ka, smga sy lulus snmptn sf itb

  • Febri

    Assalamu’alaikum kaa….
    Salam kenal ka..
    Denger2 kaka alumni ITB kan? skrng kaka krja dmna, bdg klinis/industri ?
    Ohya, dulunya kaka ambil stf/fkk ? sf itb itu gmna si ka?
    Doain juga ya ka, smga sy lulus snmptn sf itb

    • Asyhar

      wa’alaikumslama Febri,
      salam kenal juga ya..
      wah denger dari mana nih, hehe
      saya ambil stf dan lanjut kerja di industri, sf itb itu asik2 dan seru2 aja…
      semoga lulus ya snmptn-nya…

  • fau

    Kak kalo dari jurusan ips pas sma nya kira kira kalo masuk farmasi bisa nggak?
    Terus pembelajaran di univnya dari awal ato gimana?

  • selvia naswita

    assalamuaalikum kak salam kenal
    emamng benar yah kloa mahasiswa sekolah tinggi farmasi ga bisa nerusin pendidikan ke profesi apoteker

  • Selvia Naswita

    asalamualaikum ka salam kenal
    mau nanya emang iya ya klo kita mahasiswa sekolah tinggi farmasi ga bisa nerusin jenjang pendidikan profesi apoteker

    • Asyhar

      wa’alaikumsalam Selvia, salam kenal juga ya…
      setau saya bukan masalah universitas atau sekolah tingginya, tapi akreditasinya minimal harus C…
      dulu pas sy kuliah ada temen2 yg S1 nya juga dr sekolah tinggi kok, hehe

  • Sintani

    Saya termasuk salah satu dari mereka yang “salah jurusan”. Jujur dulu saya pilih kuliah farmasi karena orang tua yang milihin. Knowing that pharmaceutical is not my passion, ya udah deh ga niat kuliah. Tapi saya sepertinya harus berterima kasih karena pada akhirnya (akhir banget sih hehe), saya jadi bersyukur jadi Apoteker. Saya baru nyadar pas sudah kerja hehehe.
    Tapi teteeep, masih ga terima sama paradigma orang-orang awam yang selalu mikir Dokter paling pinter soal obat. Soal penyakit sih iya, tapi kalau obat ada Apoteker ini loh yang udah khatam jurnal obat segala macem.

    • Asyhar

      salam sejawat, ya itulah tugas kita untuk lebih dikenal dan dihargai oleh orang lain, kita harus lebih memasyarakatkan apoteker baik kita yang terjun di industri ataupun pelayanan farmasi…. semangattt….

  • SuryaPS

    Kak saya baru ketrima farmasi ub.. Kebetulan akreditasnya kurang bagus.. Apa nantinya ngaruh sama seleksi masuk profesi apotekernya? Karna sy pengen ambil apt di ITB nantinya

  • tika

    Kak.. kalo minat jadi apoteker dan buka apotek sendiri sebaiknya kuliah dimana ya.. ITB atau UI atau UGM? soalnya denger2 kl ITB cenderung ke industri farmasinya ? thank you ya kak..

    • Asyhar

      saya rasa sama saja, kalo udah apoteker bisa buka apotek…
      di itb emang dikenal lebih ke ranah industri tapi sejak 2006 udah ada penjurusan sesuai minat, mau ke ranah klinis atau ke ranah sains dan teknologi…

  • Riri

    Ka kalo misalkan kita lulus D3 farmasi kita bisa ga lanjut ke pendidikan dokter ka ? Mohon bantu jawab yah

  • Shafira

    Assalamualaikum ka, alhamdulillah bisa berkunjung ke sini. Bisa dpt pencerahan
    Aku skrng kelas 12 yg lg dimasa galau2nya tentang jurusan. Dan akhirnya tertuju sma farmasi yg emang berawal dr suka sama kimia nya. Mungkin untuk prospek kerja pasti masing2 jurusan punya tempatanya.Yg jd bingung ka, aku sidikit banyak didoktrin kalau difarmasi itu matkul nya susah2, pusing, banyak praktikum nya gituu, jadi sedikit terpengaruh. mungkin jg faktor sedang galau2nya jadi banyak yg ditimbang2 dan yang dipikirin -__-
    Ingin tambahan motivasi untuk ttp yakin sama farmasi nya.
    Untuk ttp yakin bisa bergabung sama keluarga muslim farmasi ….
    Dan minta doanya untuk dilancarkan snmptn’17 makasih ka sebelumnya

    • Asyhar

      wa’alaikumsalam Shafira…
      terima kasih juga sudah berkunjung…
      setiap pilihan pasti ada positif negatifnya, kita hanya perlu memilih yang setau kita terbaik dengan seijin-Nya…
      kuatin aja kalo memang kita punya passion yang kuat dan arah yang jelas mau ngapain terjun di farmasi…
      mudah-mudahan dilancarkan jalannya dan diberikan yang terbaik, aamiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: