Kerjaan Tahunan Rutin Menjelang Idul Fitri Selama Di Rumah


Sejak SMP sampai sekarang (kuliah profesi), saya memang selalu jarang pulang ke rumah. Bahkan kadang hanya pulang 2 kali setahun, saat libur panjang dan menjelang Idul Fitri. Dengan kondisi seperti ini gak banyak yang bisa saya lakukan dirumah. Namun saya selalu punya kegiatan rutin menjelang idul fitri, yaitu bebersih rumah. Dengan orang tua yang juga agak sibuk, rumah saya juga jarang sekali dibersihkan secara menyeluruh. Pada saat menjelang idul fitri inilah menjadi momen untuk bebersih, apalagi guna menyambut sanak saudara dan tetangga jauh yang berkunjung.

Bebersih rumah versi saya adalah totalitas. Satu rumah dibersihkan dari sawang-sawang yang terbentuk, bersihkan seluruh pojok-pojokan yang berdebu, dan ngepel lantai yang bisa di pel. Rumah keluarga saya berada dipelosok desa dengan area deket pantai yang tentunya bersuasana panas dan berdebu. Jadi kalau dibiarkan selama hampir setahun, pastinya akan banyak debu-debu tersembunyi yang gak sempat dibersihkan sehari-hari. Biasanya bebersih ini saya kerjakan H-1 atau H-2 lebaran sehingga pas selama lebaran masih terlihat agak kinclong.

5 tahun lebih bebersih ini selalu rutin menjadi tanggung jawab saya. Ini merupakan salah satu bentuk kontribusi konkrit saya untuk orang tua dan lingkungan rumah karena saya memang jarang dirumah. Kalau dulu pas kec il dan masih tinggal dirumah mungkin nyapu halaman sudah menjadi rutinitas harian saya, tapi dengan tinggal jauh dari rumah tentunya tak ada hal yang bisa saya lakukan secara rutin dan masive. Hanya inilah kerjaan yang mungkin saya kontribusikan. Walaupun hampir hanya setahun sekali, tapi harapan saya tentunya cuma ingin memberikan manfaat yang terasa langsung manfaatnya. Hal ini selagi menunggu mewujudkan mimpi-mimpi saya untuk orang tua saya kelak nanti. Mimpi yang harus saya wujudkan setelah saya sukses nanti. Mimpi yang kadang juga harus berubah mengikuti perkembangan jaman karena mimpi awal ada yang sudah diwujudkan sendiri oleh orang tua. Mudah-mudahan ada sesuatu yang khusus dan spesial yang bisa kasih lebih untuk orang tua dan adik-adik saya suatu saat nanti. Aamiinn….

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

