Tuhan Maha Tahu


Alhamdulillah, rasa syukur tak terkira saya panjatkan ke hadapan Alloh SWT. Atas kasih sayang-Nya, saya masih dibukakan jalan yang lapang untuk melanjutkan serangkaian Ujian Apoteker. Dari 3 tahapan yang harus saya lewati, saya sudah dinyatakan lulus 2 tahap yaitu Ujian Penelusuran Pustaka (UPP) dan Sidang Lisan. Hasil UPP cukup membuat saya puas. Walaupun kesalahan yang perbaikan yang saya usulkan hampir penuh satu halaman A4, saya masih optimis saya bakal mengatasinya.

pengumuman upp dan sidang lisan

Sampai akhirnya, kejadian didalam ruang sidang lisan cukup membuat saya depresi. Setidaknya ada 3 hal yang membuat saya pesimis untuk lulus, yaitu jumlah pertanyaan yang saya bisa jawab, komentar dosen, dan komentar penutup dari moderator. Namun Tuhan masih membisikkan beberapa hal yang menenangkan, yaitu saya tidak diminta klarifikasi jurnal saya sama sekali (walaupun sebagian sudah saya sampaikan diawal) dan sangat jarang ada ketidaklulusan karena gak bisa jawab pertanyaan tentang wawasan.

Sambil menunggu hari pengumuman perasaan saya campur aduk, rasa pesimis dan optimis silih berganti bergelantungan di hati dan pikiran saya. Hal yang bisa saya lakukan adalah berserah diri kepada Alloh SWT sembari meminta dukungan orang tua untuk terus mendo’akan saya. Sampai akhirnya saya melihat bahwa nama saya dinyatakan lulus tanpa peringatan di papan pengumuman. Tuhan Maha Tahu tentang apa yang saya mau, tentang apa yang orang tua saya harapkan. Masih ada satu tap lagi guna menyelesaikan rangkaian ujian apoteker di kapus gajah ini. Mudah-mudahan segalanya dilancarkan sehingga apa yang saya mau, apa yang orang tua saya harapkan, dan itulah juga yang Tuhan takdirkan untuk saya. Aamiin…

“Kegigihan semangat tidak akan bisa menembus tirai takdir. Takdir pasti terjadi, sedangkan ikhtiar merupakan perintah yang harus kita jalani. Mari terus berikhtiar menggapai takdir kita masing-masing karena Tuhan pasti punya rencana indah untuk setiap makhluk-Nya. Tetap semangat menggapai tujuan dan terus bersyukur untuk apa yang sudah kita peroleh.”

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: