Tablet Lovastatin 1000 Tablet : Fasilitator Gelar Profesi


Tak terasa perjuangan lebih kurang satu bulan terakhir berbuah manis dengan gelar baru sebagai apoteker (…, Apt.). Rangkaian ujian apoteker di ITB memang unik yang terdiri dari 3 tahap, yaitu ujian penelusuran pustaka (UPP), sidang lisan (wawasan kefarmasian dan konfirmasi hasil UPP), dan ujian praktek. Ujian praktek sendiri dapat dibedakan berdasarkan bidang peminatannya. Bidang peminatan PPM berupa pembuatan sediaan atau pengujian mutu sediaan, sedangkan PF UPP 2 serta konseling.

Ujian Penelusuran Pustaka (UPP)

Ujian diawali dengan pengundian soal dan alhamdulillah dapet soal Tablet Lovastatin 1000 Tablet. Sediaan ini merupakan sediaan yang menurut saya paling saya kebayang kalaupun nanti harus dibikin. Nama zat aktifnya juga gak terlalu asing ditelinga. Selama 2 hari saya berhasil menulis 59 halaman, mencangkup deskripsi umum, penjelasan farmakologi, metode pembuatan, sampai analisis zat dan sediaannya. Semua saya kerjakan sesuai target dan saya merasa bisa tersenyum dengan hasil kerjaan saya. Inti dari UPP adalah kerjakan apa yang bisa kamu tinggal salin dari pustaka di hari pertama dan jangan tidur sebelum bekal untuk hari kedua selesai.

Sidang Lisan

Persiapan sidang lisan bukan hanya sekedar membaca materi kuliah dan mengingat-ingat materi yang saya dapatkan selama PKPA. Saya juga harus membaca ulang jurnal yang telah saya buat untuk mencari kesalahan yang mungkin fatal dan tidak saya sadari. Minta revisi dari teman adalah salah satu tambahan solusi yang baik. Sampai akhirnya saya menyiapkan selembar kesalahan beserta penjelasan/pembenarannya. Dalam sidang lisan terkait wawasan kefarmasian bisa dikatakan saya sangat buruk tapi saya masih yakin bisa melewatinya karena ternyata saya tidak diminta untuk konfirmasi jurnal UPP saya. Ini berarti saya tidak mempunyai kesalahan fatal dan mendasar. Salah satu poin penting dalam sidang lisan yang gak boleh disepelekan adalah sikap karena kesalahan bersikap dapat mengubah pandangan orang lain. Syukur alhamdulillah saya dinyatakan lulus tanpa peringatan dan ditempatkan di Laboratorium Pengujian Mutu (PM).

Ujian Praktek

Sebenarnya penempatan di Lab PM sudah saya prediksi sejak saya dapet soal ujian pas UPP dan prediksi itu tak melesat. Ketika mendapatkan surat kontrak, saya kebagian metode KCKT untuk identifikasi dan penentuan kadar, baik bahan baku aktif maupun sediaan. Sebenarnya antara senang dan tidak, senang karena sekali kerja dapet semua data tapi sedih karenasaya gak pernah pegang KCKT selama S1. Disisi lain anak-anak yang kebagian KCKT punya keuntungan lebih untuk melakukan Uji Keseuaian Sistem sebelum hari-H menggunakan bahan baku aktif sesuai soal. Selain identifikasi dan penentuan kadar, surat kontrak juga mensyaratkan pengujian kemurnian bahan baku aktif. Uji kemurnian yang saya dapat adalah uji logam berat, susut pengeringan, dan rotasi optik. Alhamdulillah semua kerjaan beres dalam 2 hari sehingga hari ketiga tinggal  menyelesaikan jurnal dan perhitungan. Merasa beruntung juga adalah ketika dapet Lab PM karena punya track record kelulusan yang bagus, bisa kerja rame-rame, dan dosen-dosennya terkenal baik-baik. Kerugiannya cuma satu, ribet sebelum dan sesudah ujia dan sangat butuh kebersamaan. Dengan sedikit drama menjelang yudisium, akhirnya Lab PM dinyatakan lulus 100%.

Syukur alhmadulillah atas karunia Alloh SWT atas nikmat-Nya ini. Terima kasih telah melegakan hati orang tua hamba-Mu ini dengan gelar profesi ini. Terima kasih telah memudahkan jalan saya dalam meraih gelar profesi ini. Mudah-mudahan saya bisa konsisten pada bidang ilmu yang telah Kau pilihkan dan semoga ilmu yang saya peroleh dapat memberikan manfaat yang terasa bagi saya dan orang lain.

Salam,

Ma’sum Al Asyhar, S.Farm., Apt.

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

