Dibalik Layar: Sidang Lisan (Wawasan Kefarmasian dan Klarifikasi Jurnal UPP)


Saya dan teman-teman lain punya waktu seminggu setelah UPP guna mempersiapkan diri menghadapi sidang. Seperti biasa saya selalu pasang muka sumringah dihadapan teman-teman sekalian. Perasaan deg-degan, takut, cemas, dll udah pasti ada. Semua itu tentunya harus diatasi dengan belajar secara serius. Banyak yang bilang undang-undang harus hafal mampus, untuk itu saya pelajari materi kuliah undang-undang dengan baik. Sekedar dibaca, dipahami alurnya. Belajar bersama kadang menjadi solusi ketika kita sedang males atau menguatkan pemahaman kita dengan cara berbagi pengetahuan dengan yang lain. Semuanya harus dijalani dengan asik dan hindari stres berlebihan. Saat sidang kita akan berdiskusi dengan kurang lebih 8-10 penilai yang terdiri dari dosen dan parktisi. kalo kata orang-orang sih suasana sidang apoteker lebih santai daripada sidang sewaktu S1.

Persiapan sidang lisan bukan hanya sekedar membaca materi kuliah dan mengingat-ingat materi yang saya dapatkan selama PKPA. Saya juga harus membaca ulang jurnal yang telah saya buat untuk mencari kesalahan yang mungkin fatal dan tidak saya sadari. Minta revisi dari teman adalah salah satu tambahan solusi yang baik. Sampai akhirnya saya menyiapkan selembar kesalahan beserta penjelasan/pembenarannya. Pada saat sidang, saya tidak diminta untuk konfirmasi jurnal UPP saya. Ini berarti saya tidak mempunyai kesalahan fatal dan mendasar. Salah satu poin penting dalam sidang lisan yang gak boleh disepelekan adalah sikap karena kesalahan bersikap dapat mengubah pendangan orang lain. Jadi ketika berargumentasi atur ego dan emoasi kalian, jangan terlihat ngotot dan jangan terlihat terlalu pasrah.

Sidang dimulai dengan pemaparan kita selama 5 menit terkait jurnal yg sudah kita buat sewaktu UPP, bisa juga ditambahkan pengalaman selama PKPA. Pemaparan ini bisa alur pertanyaan seputar wawasan kefarmasian kalian. Kalo mau lebih ditanya terkait PKPA tonjolkan disitu, kalo lebih ke jurnal yang paparin sesuatu yang memancing pertanyaan. Sidang ini suasananya sangat santai karena didominasi oleh praktisi. Jadi bawa santai aja tapi tetep serius. Syukur alhamdulillah saya dinyatakan lulus tanpa peringatan dan ditempatkan di Laboratorium Pengujian Mutu (PM).

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: