Tuhan Merekam Semua Keinginan Kita


Tak terasa hampir 2 minggu saya sudah mulai kerja. Beberapa hari awal kerja, hati saya masih bergejolak apakah ini pekerjaan yang harus jalani. Seolah ada pikiran bahwa mana nama besar kampus saya, mana nama besar tempat saya bekerja, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang berkaitan dengan ego. Apalagi melihat bagaimana teman-teman saya memulai karir mereka ditempat-tempat ternama. Sebelum saya deal dengan kerjaan ini memang ada kesempatan saya berkarir ditempat yang lebih mentereng, tapi mungkin memang itu jalan saya. Satu hal yang saya pegang adalah jalani apa yang ada didepan mata dan sebisa mungkin jaga komitmen yang sudah terucap. Mungkin itulah bagian dari jalan hidup yang harus saya lewati.

Sembari beradaptasi dengan lingkungan baru, saya juga mencoba menjalani pekerjaan dengan ikhlas dan rasa syukur. Alhamdulillah, secara fasilitas pun saya merasa beruntung. Saya mulai flashback mengenai mimpi-mimpi saya sebelum kuliah. Sebelum kuliah impian saya cukup sederhana, saya ingin kerja di pabrik (industri) dan sebagai langkah awal, itu sudah terwujud melalui pekerjaan ini. Semasa kuliah S1 impian saya adalah punya kewenangan (dalam hal keilmuan saya) untuk produk dalam suatu industri. Setidaknya dalam beberapa bulan ke depan sayalah penaggung jawab teknis di tempat saya bekerja. Berarti ini juga jalan awal yang terang untuk impian saya. Semasa awal kuliah profesi impian saya adalah kerja membangun karir dan belajar dari bawah. Ini bahkan sangan terwujud dengan pekerjaan saya sekarang karena saya ikut membangun sebuah perusahaan benar-benar dari nol. Akhir-akhir semasa kuliah profesi saya ingin kerjaan profesi saya juga dihargai dalam hal gaji. Gaji awal memang belum besar dibandingkan teman-teman yang lain tapi tidak terlalu kecil, apalagi dengan tambahan beberapa fasilitas yang memadai. Namun prospek satu tahun ke depan insyaalloh bisa bersaing dengan kalangan teratas teman seangkatan. Selama kuliah saya juga memimpikan karir jabatan yang menjanjikan dan itu insyaalloh terbuka sangat lebar dengan pekerjaan ini. Dengan kuliah memakan waktu yang lama, ditempat dengan nama besar dan menghabiskan biaya besar, tentunya saya juga punya impian segera punya hasil dari pengorbanan orang tua. Setidaknya membahagiakan orang tua dengan memberi kebanggaan pasca kuliah. Insyaalloh jalan itu sudah dapat lampu hijau dari bos sekarang.

Ternyata apa yang saya dapatkan selama ini menjawab impian-impian maupun harapan-harapan saya semua. Mungkin memang tidak semua terasa terwujud karena akhir kuliah saya membelokkan impian ke arah pemerintahan dengan fokus nasionalisme. Tapi kalo dipikir-pikir itu terjadi karena kita juga yang tak konsisten akan mimpi kita, sehingga kita merasa impian kita belum terwujud. Mungkin belokan mimpi kita masih akan terwujud tapi ada jalan yang harus kita lewati dulu. Takdir manusia itu sudah diatur Tuhan. Kadang kita merasa gak cocok dengan sesuatu padahal itu merupakan bagian dari takdir yang harus kita jalani. Kadang hidup bukan masalah kita harus melakukan ini dan itu. Kadang hidup adalah tinggal kita jalani dengan ikhlas dan terus bersyukur.

Setelah melewati hampir 2 minggu kerja, saya semakin sadar bahwa Tuhan itu Maha Segalanya. Dia memfasilitasi kemauan umat-Nya tanpa disangka-sangka. Dia selalu ingat akan kemauan umat-Nya dan tau kapan mewujudakannya. Manusia kadang terlihat punya banyak kemauan, tapi dari semua kemauan itu pasti ada benang merahnya dan itulah yang bakal Tuhan berikan. Syukur alhamduliilah atas segala nikmat yang telah Kau berikan, semoga saya selalu diingatkan untuk terus bersyukur dan ikhlas menjalani semua takdir-Mu.

About Asyhar


Tinggalkan Balasan

